Monday, November 11, 2013

Re: [milis tarki] Sharing mengenai Bonus.

 

Hai Martha,

Bisa2 aja. Semua bergantung pd kebijakan yg berlaku di msg2 perush. Ada mmg perush yg baeeekkkk banngggeeeettt yg bikin bonus terpisah antara bonus performa kerja kary dan bonus pembagian keuntungan. Tp itu jarang banget sptnya. Yg umum adalah bonus dibagikan apabila perush untung dan besarannya tergantung performa kerja. Jd mendorong performa kerja kary, kalau kary kerja bagus dan berprestasi tentunya dpt lbh byk dari kary yg performanya standard.

Semoga menjawab pertanyaan yah. Silakan kl ada pertanyaan, kl msh bs dijawab tentunya :) Ini smua berdasarkan pengalaman pribadi dan komunikasi dg teman2 lain. Memang kita gk mau 'dibodohi' oleh perush, tp sebaiknya sblm melakukan argumentasi ya sebaiknya kita cari tau dulu peraturan dan yg berlaku umum sbnrnya gmn. Spt yg kmu lakukan skrg, jd argumentasi kita berdasar.

Salam,
Tine

On 11 Nov 2013 15:16, "Martha" <wa_martha@yahoo.com> wrote:
Dear Mba Nin,       
Ada pertanyaan lagi nih ( duileh yg sabar yah boook) , apakah pemberian bonus tersebut dapat digabung. Mksdnya digabung dalam satu pemberian bonus antara performa kerja Dan keuntungan perusahaan?                             
 Sent from my iPhone

On 10 Nov 2013, at 07.44, nineta nineta <nineta06@gmail.com> wrote:

 

Hallo Martha,

Pertama-tama oerlu dimengerti kl bonus adalah murni kebijakan perush itu sendiri. Setau sy tdk ada regulasi yg mengatur mslh itu.

Bagi perush yg membagikan bonus kpd kary biasanya itu diatur dlm peraturan perush atau tertuang dlm kebijakan2 yg berlaku di perush tsb. Yg diatur ya mekanisme pemberian bonus, siapa yg berhak dan lain sbgnya.

Pd umumnya, sepengetahuan sy ini yah (do correct me if i'm wrong), ada 2 tipe bonus; bonus berdasarkan performa kerja dan/atau bonus berdasarkan keuntungan perush. Sy ttulis ' dan/atau' krn ada perush yg menerapkan salah satu atau keduanya. Namun, pada dasarnya, perush yg py kebijakan bagi2 bonus, biasanya selalu mempertimbangkan mslh profit dan kesehatan perush. Artinya kl gk profit ya gk bagi2 bonus, titik. Apanya yg mau dibagi istilahnya. Tp skali lg ada jg perush yg walaupun thn itu gk profit tetep bagi2 bonus, walaupun minimum. Sekali lg semuanya bergantung pd kebijakan perush msg2.

Begitu jg dg mslh perhitungan. Yg berdsrkan kinerja personal mungkin ada matriks yg mengatur hitungan itu. Misal skor kinerja personal dari 1 - 5 yg mana 1 adl terendah, maka kl skor 1 dpt bonus berapa dst. Ada jg lho yg menerapkan skor minimal utk dpt bonus. Jd dibwh skor tsb tdk akn dpt bonus. Ada jg yg model sama rata sama rasa hehehe ... Biasanya yg berdsrkan profit perush, jd semua dpt 5 kali gaji (ini perumpamaan aja lho ya :)) rata.

Semoga penjelasan ini cukup yah buat Martha dan temen2 lain.

Salam,
Tine

On 4 Nov 2013 13:33, "july martha" <Wa_martha@yahoo.com> wrote:
 

Dear Temans,

Mau sekedar sharing mengenai Bonus nih di perusahaan teman-teman

Idealnya ( duileh ideal ) Kalau pemberian bonus itu berdasarkan apa yah biasanya? apakah berdasarkan Kinerja baik perusahaan selama setahun kerja ( profit baik ) atau juga dengan penilaian terhadap kinerja personal staff/karyawan pada perusahaan tersebut?

Mohon di cross check jika pemahaman saya salah : kalau menurut saya, pemberian bonus ke karayawan/staff adalah istilahnya bagi bagi hasil atau keuntungan kepada staff/karyawan, dan ada hitung hitungan nya.

Kalau penilaian terhadap kinerja personal adalah hasilnya dengan adanya reward naik gaji lebih dan promosi jabatan.

mohon sharing nya donk mengenai hal ini. Apakah pemberian bonus bagi karyawan itu ada hitung2 annya dan pembagiannya minimal satu bulan gaji atau gimana? ( nilai minimum nya )

maaf ini hanya sekedar sharing saja, sekalian belajar juga biar ga di bodoh - bodohin sama perusahaan ( hahaha.. yakelus booook di bodoh2in )

Thanks

 
Martha

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments: