Thursday, October 4, 2012

#FrenBC @ Tulisan: "Ajarkan Aku Jadi Kakak yang Baik"

 

Pasang iklan
di bulletin kami dengan Pick Up Point di berbagai Mall dan Resto: http://myyemayo.blogspot.com/p/pasang-iklan-di-bulletin-kami.html
 
Sekali
pergi, kami akan pergi ke Sepuluh Tempat Lebih. Ikuti perjalanan kami yuk,
di: www.sepuluhtempatlebih.blogspot.com 
 
AJARKAN AKU JADI KAKAK YANG BAIK
 
                Sebutlah  namanya Sisi, murid perempuan berusia 11
tahun. Sebenarnya cantik namun rambutnya sering menutup mata, mukanya berminyak
dan selalu tampak canggung di kelas. Di kalangan ramai, ia mudah terabaikan
karena ia pendiam dan sering menyendiri, namun di kelas kecil kami, sifat
tertutup dan sorotan mata sedihnya sangat mudah tertangkap mata pelatih. Suatu
hari, mama Sisi menitip pesan tertulis, "Tolong beri pengertian yang benar
kepada Sisi agar ia lebih perhatian dan peduli terhadap adiknya. Ini penting."
                Sehabis kelas, pelatih
bertanya pada Sisi, "Apa Sisi punya adik?" Sisi tersentak, ia terlihat gugup
sekali.
                "Iya, saya punya adik
perempuan. Ada apa dengan adik saya, coach?" Tanyanya gelisah.
                "Sisi sayang sama adik
Sisi?" Tanya pelatih lagi. Sisi tertunduk. Tak lama kemudian, terdengar Sisi
mulai menangis dan tangisannya makin menjadi, nafas dan tangisnya saling
berkejaran. "Saya bingung, coach,
saya tidak tahu apakah saya sayang adik saya atau tidak... Saya selalu
disalahkan oleh mama jika adik saya mengeluh atau menangis.. Jika adik
terlambat sekolah, saya yang dimarahi. Jika adik tidak buat PR, saya yang
dimarahi. Setiap hari paling tidak lima kali lebih saya dimarahi karena adik
saya berulah. Saya selalu salah! Bagaimana sebenarnya menjadi kakak yang baik, coach?" Tanyanya berlinang airmata. Hari
itu, pelatih tidak memberi nasihat padanya selain memintanya untuk tenang.
Saat pelatih bertemu
dengan mama Sisi, pelatih memaparkan segala hal yang dikatakan olehnya. "Apakah
semua yang dikatakan Sisi itu benar, bu?" Tanya pelatih. "Oh iya, memang benar.
Sisi kan kakak, adiknya adalah
tanggungjawabnya. Saya tidak bisa menerima alasan apapun, benar atau tidak,
yang namanya kakak harus mengalah." Sahut ibu itu ketus.
                "Seandainya, ibu
adalah Sisi, apakah ibu bisa memikul tanggung jawab yang demikian?" Tanya
pelatih.
                "Saya tidak tahu!
Karena adik saya semuanya sehat, tidak seperti adik Sisi yang dari sejak lahir
fisiknya begitu lemah dan beberapa kali hampir meninggal dunia." Sahutnya. Pelatih
sempat tercengang mendengar jawabannya dan kemudian berkata, "Yang ibu bebankan
kepada Sisi, bukanlah tanggung jawab. Ibu membebankan rasa takut ibu yang
begitu besar kepada anak semuda Sisi." Kata pelatih lagi.
"Anda tidak tahu
bagaimana ngerinya perasaan akan kehilangan anak!" Jawabnya sengit. "Benar ibu,
saya tidak mengetahui perasaan itu... yang saya tahu, jika ibu tetap
membebankan ketakutan ibu kepada Sisi, maka ibu akan kehilangan seorang anak
berjiwa sehat." Kata pelatih. Ibu itu membuang pandangannya... Lama, barulah ia
menjawab lirih, "Hal itu memang benar-benar menakutkan. Tapi... saya tidak
menyadari bahwa saya sedang menghancurkan anak saya yang satu lagi."
 
 
Yacinta Senduk SE,
SH, MBA, LLM
Principal of Yemayo Advance
Education Center -
Kursus Kecerdasan Pribadi Pertama di Indonesia untuk usia 2 s.d 19 tahun
FB fanpage: Yacinta Senduk
Follow twitter:
@Yacinta_Senduk
Add Yemayo-AEC BB
Pin: 2736346A untuk twitter keluarga harian
Mari
berkenalan dengan Pre-School kami untuk usia 2 s.d 6 tahun,
dengan konsep interaksi penuh dengan murid: www.juniory-pre-school.blogspot.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
<*> http://www.facebook.com/groups/bisniscenter || http://twitter.com/BisnisCenter

+++
:-) Do...., Real, Respect, Warm, Interact, Related, Short-Informative
:-( Don't., OneLiner, scam, MLM pyramid spam scheme, illegal-SARA
*_^ Just Friday 4 Selling or promote your Service/Product
.

__,_._,___

No comments: