Monday, August 27, 2012

Re: [beasiswa] [Butuh Info] Apakah reputasi PT asal berpengaruh dlm seleksi beasiswa luar negeri?

 

Dear Benny, 

Berdasar pengalaman saya, teman-teman dan international student advisor di universitas saya dulu, faktor-faktor yang kamu dan Novi sebutkan tersebut memang berpengaruh.  Tetapi kalau menurut saya, yang paling dominan adalah "trend kepentingan". Bidang-bidang strategis apa yang diinginkan oleh si pemberi beasiswa, kalau pas cocok dengan yang kita ajukan di research proposal/motivation letter, maka kesempatan kita untuk mendapat beasiswa akan meningkat.  Jika kita amati, beberapa tahun belakangan ini, penerima beasiswa ADS di bidang hard science, high tech serta engineering (misalnya: artificial intelligence, tissue engineering, atau nano technology) sangat sedikit jumlahnya.  Tetapi untuk bidang-bidang community development, environment, dan keuangan (terutama forensic accounting) jauh lebih banyak dibandingkan 10-20 tahun yang lalu.  Anyway, terus berjuang.  Dan kalau kamu ingin studi di bidang yang spesifik, dan di luar trend pemberi beasiswa G2G, rajin-rajinlah membuka web universitas dan menghubungi profesor yang kamu inginkan untuk menjadi pembimbing kamu.

All the best for Indonesia,
daisy

 


From: Novi Susetyo Adi <novi_marineoptics@yahoo.com>
To: "beasiswa@yahoogroups.com" <beasiswa@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 27 August 2012 9:50 AM
Subject: Re: [beasiswa] [Butuh Info] Apakah reputasi PT asal berpengaruh dlm seleksi beasiswa luar negeri?

 
Saudara Benny,

Memang kalau dikutak-katik sebab2 kegagalan beasiswa bisa banyak analisisnya, bisa2 nanti muncul analisa karena asal daerah, suku, tingkat kemiskinan/kesusahan, PNS/Non PNS, dll. Tapi saya yakinkan  hal2 ini tidak ada, kecuali beasiswa itu memang ditargetkan untuk komunitas khusus tertentu. Semua dinilai berdasarkan kejelasan motivasi & rencana studi yg dituangkan dalam berbagai form aplikasi. Selamat bekerja & belajar lebih keras.

Salam,
Novi
 


From: benny patikawa <m2nw2t@yahoo.co.id>
To: "beasiswa@yahoogroups.com" <beasiswa@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 26 August 2012 6:18 AM
Subject: [beasiswa] [Butuh Info] Apakah reputasi PT asal berpengaruh dlm seleksi beasiswa luar negeri?



Dear rekan2,.....

Salam kenal, saya mohon sharing dan pencerahan dari rekan2, apakah reputasi perguruan tinggi asal sangat berpengaruh dalam seleksi
beasiswa ke luar negeri? Saya lulusan S1 di daerah dan fakultas saya hanya terakreditasi C. Saya pernah melamar beasiswa ADS tapi
gagal di tahap seleksi lamaran. Dari profil2 penerima beasiswa yang saya lihat sebagian besar lulusan PTN atau PTS terkenal/baik.
Terus terang saya jadi agak pesimis, apakah memang asal PT menjadi "syarat yang tidak tertulis" dalam seleksi beasiswa luar negeri?
Terima Kasih

Salam,
Benny







__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (3)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___

No comments: