Monday, June 4, 2012

#FrenBC @ Artikel Mingguan: Kunci Memenangkan Kompetisi

 

*KUNCI MEMENANGKAN KOMPETISI
*/© 2006. Nugroho //Adhi W//. All rights reserved. /

Salah satu film yang dibuat oleh /National Geographic /menggambarkan
perjalanan kalifah dari Suku Tuareg melintasi gurun Sahara. Mereka
berangkat dari tempat tinggal mereka di Timia menuju ke Bilma sebuah
kota yang terletak di tengah gurun untuk membeli garam yang akan mereka
jual di kota-kota yang berada di bagian selatan Nigeria.

Total waktu perjalanan yang mereka tempuh adalah enam bulan dengan jarak
1500 mil, dan dengan suhu 136 derajat fahrenheit di siang hari,
perjalanan tersebut merupakan perjalanan bisnis yang sangat berat dan
beresiko.

Perjalanan suku Tuareg melintasi gurun Sahara tersebut kurang lebih sama
dengan perjalanan organisasi kita dalam menghadapi persaingan di dunia
bisnis untuk menjadi organisasi yang terdepan, terbaik dan /sustainable
/di dalam industri yang kita jalani.

Agar dapat bertahan dalam perjalanan melintasi gurun Sahara, suku Tuareg
mempersiapkan perjalanan mereka dengan sebaik mungkin dengan cara
memilih orang-orang terbaik, menyiapkan perbekalan dan sarana yang
mereka perlukan selama perjalanan, dan menentukan memilih dan alternatif
rute perjalanan yang terbaik. Semua hal yang mereka lakukan sebelum
melakukan perjalanan melintasi gurun Sahara adalah untuk menciptakan
suasana yang kondusif selama perjalanan sehingga mereka dapat melakukan
perjalanan seefektif mungkin. Dengan kemampuan seperti itu, tidak
mengherankan kalau suku Tuareg dikenal sebagai suku yang mampu
menaklukkan ganasnya gurun Sahara.

Untuk berhasil dalam persaingan di dunia bisnis, /sustainable /dan
menjadi /great organization/, kita dapat mengadopsi apa yang dilakukan
oleh suku Tuareg.

----------------------------------------------------------
baca artikel lainnya, download training slides & games di
www.Bolderbest.com
----------------------------------------------------------

Suku Tuareg memilih orang-orang yang terbaik untuk melakukan perjalanan
melintasi gurun Sahara. Orang-orang yang dianggap terbaik adalah orang
yang setidaknya memiliki kemampuan bertahan hidup di gurun pasir seorang
diri dan menyadari bahwa dia memiliki peran dan bertanggung jawab
terhadap keberhasilan perjalanan kalifah.

Salah satu persyaratan untuk menjadi sebuah organisasi yang /sustainable
/adalah /broadbased leadership/, yaitu menyadari bahwa kepemimpinan
tidak hanya berlaku pada level CEO atau Manager saja, tetapi dari semua
level di organisasi. Karena itu orang-orang di dalam organisasi adalah
insan yang menyadari dan mampu menjadi pemimpin, setidaknya bagi dirinya
sendiri, dan juga memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai yang
berlaku di dalam organisasi.

Setelah memilih anggota kalifah, maka para anggota kalifah tersebut
kemudian disadarkan bahwa perjalanan yang akan mereka lakukan adalah
perjalanan untuk kelangsungan hidup suku mereka; kemudian orang-orang
yang baru pertama kali mengikuti perjalanan diajarkan mengenai budaya
dan nilai-nilai suku yang harus dipegang.

Persyaratan lainnya adalah /organizational alignment/, yaitu adanya
keselarasan antara organisasi dan karyawan sehingga mereka dapat fokus
pada tujuan utama organisasi. Anggota organisasi sudah memahami
sepenuhnya visi,misi dan nilai yang berlaku di dalam perusahaan.
Visi-misi-nilai tersebut kemudian diterjemahkan menjadi kultur organisasi.

Memilih alternatif rute perjalanan terbaik. Yang dimaksud dengan rute
perjalanan terbaik adalah rute perjalanan yang terdapat sumur mata air
atau pun oasis, agar kalifah dapat menjaga kondisi fisik dan emosional
para anggotanya dan juga meminimalisasi jumlah persediaan yang harus
mereka bawa. Hal ini tidak dapat dilakukan apabila suku Tuareg tidak
memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai gurun Sahara dan para
anggota kalifah yang akan mengikuti perjalanan.

Organisasi harus memiliki spirit untuk belajar lebih cepat, berbagi dan
mengelola pengetahuan yang mereka miliki atau yang biasa disebut dengan
/knowledge management/. Pengetahuan tersebut berupa pengetahuan tentang
orang-orang di dalam organisasi, kompetitor, pasar dan industri.
Organisasi yang sudah menerapkan /knowledge management /akan dapat
meningkatkan keunggulan kompetitifnya sehingga tingkat pengembalian
investasinya akan menjadi lebih tinggi. Selain itu, nilai kapitalisasi
pasar organisasi juga tidak akan terlalu berpengaruh apabila orang yang
menduduki posisi kunci pindah ke organisasi lain, karena pengetahuan
yang dimilikinya telah di-share secara berkelanjutan dan secara
eksplisit telah tercatat dalam sistem.

Apakah organisasi Anda sudah mengadopsi ketiga hal tersebut?

N. Adhi W.
BOLDER Mitra Unggul
adhi@bolderbest.com
081-110-9921
@bolderpeople

we help people and companies achieve their vision
www.BolderBest.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
<*> http://www.facebook.com/groups/bisniscenter || http://twitter.com/BisnisCenter

+++
:-) Do...., Real, Respect, Warm, Interact, Related, Short-Informative
:-( Don't., OneLiner, scam, MLM pyramid spam scheme, illegal-SARA
*_^ Just Friday 4 Selling or promote your Service/Product
.

__,_._,___

No comments: