Saturday, April 7, 2012

#FrenBC @ Pasar Cipulir dan Keharmonisan Bank Syariah dengan Sektor UKM

 

By Alihozi

Pasar Cipulir merupakan salah satu pusat bisnis pasar grosir di Indonesia yang sangat terkenal , bukan hanya terkenal sebagai pusat belanja pakaian yang murah akan tetap...i juga terkenal dengan kemacetannya dan daerah banjir. Orang yang di tinggal di Ibu Kota Jakarta kalau mendengar kata-kata daerah Cipulir sudah akan dipastikan akan menarik napas karena langsung teringat dengan kemacetannya dan banjir siklus 5 tahunan yang parah.

Sebenarnya untuk mengurai kemacetan di daerah Cipulir tidaklah terlalu sulit bila ada kemauan dari pemerintah daerah untuk melakukannya, kunci kemacetan di daerah Cipulir adalah lampu merah perdatam yaitu kendaraan dari daerah ciledug yang akan berbelok ke arah bintaro agar dilarang karena berbenturan dengan kendaraan dari arah bintaro yang akan menuju pasar Cipulir dan masalah banjir mudah-mudahan tahun 2012 ini tidak terjadi banjir parah seperti pada tahun 2007 dan tahun 2002.

Penulis saat ini bertugas di Bank Syariah daerah Cipulir tsb, disana penulis sering berinteraksi bersosialisasi dengan para pengusaha kecil dan menengah , produsen berbagai pakaian jadi baik untuk anak-anak dan dewasa. Saya berusaha membantu mereka yang ingin mendapatkan jasa pelayanan bank syariah, selama memang usaha mereka feasible dan bankable untuk dibiayai.

Sudah banyak diantara mereka yang menjadi nasabah bank syariah baik nasabah pendanaan dan juga pembiayaan.
Seperti Pak HBY misalnya, ia seorang produsen celana levis anak-anak, dulu sebelum mengenal bank syariah ia hanya mengandalkan hasil keuntungan usaha untuk mengembangkan usaha karena ia sangat takut meminjam ke bank konvensional , takut terjerat yang namanya pinjaman bunga berbunga atau kata kerennya Compound Interest.

Tetapi suatu hari bulan Januari 2012 akhirnya ia datang ke bank syariah bertemu saya karena mengalami kesulitan modal untuk menambah jumlah produksi celana, sedangkan pesanan terus bertambah. Lalu saya menjelaskan syarat dan ketentuan meminjam modal di bank syariah.

Ternyata Pak HBY tidak bisa memenuhi persyaratan laporan keuangan 2 tahun dan juga casflow projection rencana pengembangan usaha, karena ia memang tidak memiliki kemampuan untk mebuatnya. Melihat semangatnya yang besar untuk mengembangkan usahanya saya coba membantunya dan Alhamdulillah saat ini pengembangan usaha Pak HBY bisa berjalan dengan baik dengan bantuan bank syariah.

Demikianlah kisah singkat saya dengan salah seorang pengusaha UKM di Cipulir, kesimpulannya seorang bankir syariah siapapun dia orangnya baik level bawah maupun yang sudah level atas, haruslah menjalin hubungan yang harmonis dengan para pengusaha sektor UKM, jangan hanya karena pengajuan pembiayaan kecil lalu tidak mau memperdulikan mereka.

Karena Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan usaha yang paling tahan terhadap krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak tahun 1998 dan paling banyak dalam menyerap tenaga kerja sampai pada tingkat 80%. Selain itu juga karena karakteristik utama dan tujuan didirikannya bank syariah adalah agar terwujudnya keadilan sosioekonomi dan pemerataan distribusi pendapatan dan kekayaan serta terbukanya kesempatan kerja yang luas , hal ini hanya bisa terwujud apabila kalangan bankir bank syariah baik level atas maupun level bawah mempertahankan karekteristik utama bank syariah.itu sendiri atau dengan kata lain tidak hanya memakai sub system bank syariah yang menguntungkan bagi mereka saja.

Untuk menambah semangat membantu pengusaha sektor UKM , seorang bankir syariah haruslah mengingat kembali sejarah awal bank syariah mulai didirikan pada tahun 1992 di negeri ini . Pada waktu itu ketika akan meminta izin dari pemerintahan orde baru yang sangat phobia terhadap ajaran Islam , MUI & ICMI yang diketuai Pak Adi Sasono waktu itu oleh pemerintahan orde baru diberondong beberapa pertanyaan mengapa harus ada bank syariah apakah ada kaitannya akan didirikannya sebuah negara Islam.

Pak Adi Sasono berusaha meyakinkan pemerintahan orde baru kalau tujuan mendirikan bank syariah adalah bukan untuk mendirikan negara Islam tetapi untuk memenuhi aspirasi ummat Islam di bidang ekonomi yang menginginkan adanya system perbankan yang non ribawi sesuai dengan keyakinan agamanya dan dengan adanya bank syariah diharapkan bisa berperan sebagai instrumen baru pengembangan sector usaha kecil dan menengah yang cakupannya sangat luas. Alasan-alasan tsb dapat diterima dan selanjutnya proses pendirian bank syariah pertama di Indonesia yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI) berjalan lancar dan terus maju pesat seperti sekarang ini.

Berdasarkan penjelasan Pak Adi Sasono tsb diatas bahwa tujuan didirikannya bank syariah salah satunya adalah agar bisa menjadi instrument baru pengembangan sector usaha kecil dan menengah, inilah yang disebut karakteristik utama bank syariah yaitu mewujudkan keadilan sosio ekonomi dan pemerataan pendapatan / kekayaan dengan mendukung pengembangan sector Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan terbukanya kesempatan kerja yang luas.

Tangerang , 6 April 2012

Alihozi (Praktisi Bank Syariah)
http://www.facebook.com/SejutaSenyumDenganBankirBankSyariah

__._,_.___
Recent Activity:
<*> http://www.facebook.com/groups/bisniscenter || http://twitter.com/BisnisCenter

+++
:-) Do...., Real, Respect, Warm, Interact, Related, Short-Informative
:-( Don't., OneLiner, scam, MLM pyramid spam scheme, illegal-SARA
*_^ Just Friday 4 Selling or promote your Service/Product
.

__,_._,___

No comments: