Monday, April 30, 2012

#FrenBC @ Artikel: BERPIKIR BISNIS

 

*BERPIKIR BISNIS
*/(c) 2007. Nugroho Adhi W. All rights reserved.
/

//

Seorang 'difference maker' adalah orang yang mampu memberikan keuntungan
untuk perusahaan tempatnya bekerja. Seorang 'difference maker' selalu
memfokuskan dirinya pada kreativitas dan inovasi yang menterjemahkan
mimpi atau ide menjadi kenyatan berupa produk atau jasa yang pada
akhirnya memberikan keuntungan pada tempatnya bekerja.

Untuk menjadi seorang 'difference maker', ada 3 hal utama yang harus
dipahami dan diaplikasikan dalam kegiatan Anda sehari-hari yaitu:
1. Kerangka Berpikir
2. Pemahaman tentang bisnis
3. Kemampuan Mengeksekusi

*
Kerangka Berpikir*
Kerangka berpikir sangat penting bagi seorang 'difference maker', karena
hal ini yang akan mendorongnya untuk selalu bereksperimen untuk
menciptakan terobosan-terobosan baru. Tetapi eksperimen tanpa memikirkan
kebutuhan pasar, dampaknya terhadap perusahaan, dan hambatan yang akan
dihadapi hanya akan menghasilkan produk atau jasa yang bisa jadi tidak
dapat diterima oleh pasar.

Karena itu, ketika sedang berinovasi atau mencoba memecahkan masalah,
Anda sebagai seorang 'difference maker' harus selalu mengajukan
pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Apakah ada ide atau solusi yang lebih baik lagi?
2. apakah kita sudah mendapatkan data yang benar?
3. Bagaimana perkiraan biaya dikeluarkan dan keuntungan yang akan diperoleh?
4. apa dampaknya terhadap perusahaan?
5. apa saja yang dapat menjadi hambatan?

Dengan selalu mengajukan kelima pertanyaan tersebut, maka kemungkinan
besar anda akan terlepas dari kemungkinan menciptakan produk atau jasa
yang kurang bermanfaat sama sekali ataupun membuat solusi jangka pendek.

*
Pemahaman Tentang Bisnis*
Seorang 'difference maker' tanpa pemahaman bisnis akan sama halnya
dengan mobil yang tidak ada bahan bakarnya sama sekali dan kehilangan
keempat rodanya. Inovasi atau terobosan yang dilakukan akan menjadi
sia-sia. Dengan mempunyai pemahaman tentang bisnis, maka Anda dapat
mengembangkan produk atau jasa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasar
saat ini, atau bahkan bila dia mampu membaca keinginan terpendam dari
pasar, maka dia akan menciptakan sebuah pasar yang sama baru.

Hal penting yang harus dipahami tentang bisnis oleh seorang 'difference
maker' adalah berikut ini,

/. Intuisi bisnis/
Intuisi bisnis seorang 'difference maker' dapat dipertajam dengan memahami:
- tingkat kompetisi yang saat ini dihadapi oleh perusahaannya
- siapa saja kompetitornya saat ini
- siapa kompetitor terkuat dan apa keunggulan mereka
- siapa kompetitor terlemah dan hal apa yang tetap membuat mereka
bertahan di dalam bisnis ini
- apa yang dibutuhkan oleh pasar, apa yang diinginkan oleh pasar, dan
apa yang diharapkan oleh pasar
- bagaimana segmentasi pasar saat ini, segmen manakah yang paling
menarik bagi Anda dan kompetitor? Apakah yang mereka harapkan?

Dengan memiliki intuisi bisnis yang tajam, maka sebagai seorang
'difference maker' Anda dapat dengan cepat mengetahui perubahan yang
terjadi di pasar dan bagaimana menghadapinya sehingga dapat membuat
perusahaan menjadi lebih baik lagi.

/. Proses bisnis/
Pada dasarnya proses bisnis terbagi menjadi 3 komponen utama, yaitu
pengadaan bahan baku, proses produksi, dan penjualan. Dengan memahami
setiap elemen tersebut maka Anda dapat meningkatkan kinerja perusahaan
dengan melakukan efisiensi di beberapa bagian, dan optimalisasi di
bagian lainnya.

/. Kesadaran mengenai keuangan/
Seorang 'difference maker' harus dapat melakukan kalkulasi biaya dan
keuntungan dari setiap inovasi maupun pemecahan masalah yang dia
lakukan. Ketika sebuah karya terobosan terealisasi ke dalam produksi,
maka Anda harus mengetahui biaya-biaya yang terkait secara langsung
dengan produk tersebut agar modal dasar produk dapat ditentukan sehingga
Anda dapat menentukan tingkat produksi ekonomis dan juga tingkat
keuntungan yang diharapkan.

*
Kemampuan Mengeksekusi*
Selain memiliki kemampuan strategis seperti yang diterangkan sebelumnya,
Anda sebagai seorang 'difference maker' harus memiliki kemampuan
mengeksekusi agar ide-ide Anda tersebut dapat terealisasi. Kunci dalam
melakukan eksekusi yang berhasil dilandasi oleh empat hal yaitu:

/. Berani mengambil inisiatif/
Keberanian untuk mengambil inisiatif sangat penting bagi Anda ketika dia
berinisiatif untuk melakukan perbaikan ataupun membuat terobosan baru.
Seorang 'difference maker' harus berani untuk mempertanyakan apakah
produk yang ada sekarang ini sudah memenuhi kebutuhan, keinginan dan
harapan pasar? Apakah proses kerja di perusahaan sekarang ini sudah baik
atau masih ada yang perlu diperbaiki? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya
yang selalu diarahkan ke dalam perbaikan.

/. Bekerja di dalam tim/
Kemauan untuk bekerja dengan orang lain baik rekan kerja maupun
pelanggan adalah kunci keberhasilan seorang 'difference maker', karena
pada dasarnya banyak pemikiran yang datang dari banyak pihak akan lebih
baik daripada hanya pemikiran yang datang dari diri Anda sendiri.

/. Mau untuk tumbuh bersama/
Seorang 'difference maker' sadar bahwa dia hanya akan dapat tumbuh dan
berkembang bila dia mau untuk mengembangkan dirinya sendiri terlebih
dulu, kemudian berusaha untuk membantu orang lain untuk berkembang
dengan membantu, menghargai dan mempercayai orang lain yang bekerja
dengan kita.

/. Mengukur kinerja/
Ada sebuah pepatah yang mengatakan, "hal yang dapat kita ukur
keberhasilannya akan dapat dikelola, dan hal yang dapat dikelola akan
dapat diselesaikan." Dengan kata lain, seorang 'difference maker' akan
selalu menetapkan sasarannya dan membuat sistem pengukuran untuk
mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan dari pekerjaan yang dia
lakukan sehingga bila ada hal yang kurang dia dapat melakukan perbaikan
sesegera mungkin.

Dengan menerapkan panduan tersebut secara benar serta terus melakukan
inovasi dan perbaikan, saya harapkan Anda dapat menjadi seorang
'difference maker' yang membawa perusahaan Anda berkinerja lebih baik
lagi dan mencapai apa yang menjadi cita-cita organisasi.

N. Adhi W.
BOLDER Mitra Unggul
adhi@bolderbest.com
081-110-9921
@bolderpeople

we help people and companies achieve their vision
www.BolderBest.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
<*> http://www.facebook.com/groups/bisniscenter || http://twitter.com/BisnisCenter

+++
:-) Do...., Real, Respect, Warm, Interact, Related, Short-Informative
:-( Don't., OneLiner, scam, MLM pyramid spam scheme, illegal-SARA
*_^ Just Friday 4 Selling or promote your Service/Product
.

__,_._,___

No comments: