Wednesday, March 21, 2012

Re: [beasiswa] [butuh info] List dokter utk health certificate DAAD

 

Dear Milister,

Terima kasih atas feedback dari rekan2. Ok, saya akan menjelaskan pengalaman saya selama mencari beasiswa, sampai akhirnya saya diterima beasiswa DAAD dan step-step pendaftaran beasiswa DAAD tsb.
Dua tahun terakhir, sejak akhir 2010, saya memang berniat untuk mendapatkan beasiswa S2 dari negara2 di Eropa untuk program studi water management/environmental management.

Aplikasi pertama saya adalah Wageningen University di Belanda dan juga scholarship dari universitas tsb. Saya diterima oleh Wageningen University dengan jurusan Urban Environmental Management, namun sayangnya tidak lolos untuk beasiswa nya. Dua kali saya apply beasiswa yang berbeda untuk Wageningen University, tapi selalu gagal.  Saya pantang menyerah, saya mencoba lagi dengan mendaftar di universitas lain di Belgia. Belgia memiliki program beasiswa bernama VLIR-UOS yang ditujukan untuk rekan2 yang berada di developing countries (tentunya termasuk Indonesia!hehehe..). Program beasiswa VLIR-UOS memiliki beberapa pilihan studi di beberapa universitas di Belgia, salah satunya Universiteit Ghent. Kemudian, saya tertarik untuk mendaftar program studi Environmental Sanitation. Lagi2, saya mendapatkan admission letter utk tahun akademik 2011-2013,  namun lagi2 tidak lolos dengan beasiswanya. Maka, saya mengirimkan surat kepada Universiteit Ghent untuk menangguhkan admission letter sampai tahun akademik 2012 - 2014. Alhamdulilah, surat penangguhan saya disetujui oleh rektor universitas tsb. Kemudian, setelah mendapatkan info dari rekan, saya disarankan untuk mendaftar Beasiswa Unggulan.

Namun, ditengah2 melengkapi syarat2 administrasi untuk beasiswa unggulan pada akhir tahun lalu, saya "iseng" membuka website daad jakarta (sekitar bln Des 2011), ternyata banyak sekali informasi beasiswa untuk kuliah di Jerman dan ternyata ada program yang cocok dengan apa yang saya inginkan, yaitu "Sustainable Water Management". Pada programme tersebut, saya diharuskan memilih 1 universitas dari 4 universitas yang ditawarkan oleh DAAD. Dari list tsb, saya memilih untuk belajar di Leibniz-Universitat Hannover utk programme Water Resources and Environmental Management. Aplikasi DAAD tsb menjadi aplikasi beasiswa saya yang ke-5. Wah, setelah itu saya cepat2 saja melengkapi dokumen2 yang diperlukan, seperti:
- Formulir beasiswa DAAD (bisa didownload di website)
- Motivation letter (max 1 page)
Berisi tentang situation background knp tertarik untuk melanjutkan kuliah di Jerman, motivasi kita untuk melanjutkan kuliah S2 di program yang kita pilih (sesuaikan dengan apa yang telah didapatkan selama kuliah S1, serta kaitkan dengan issue di Indonesia sekarang. Dari hal tersebut dapat digunakan itu sebagai dasar dari motivasi), misalnya ingin mempedalam pengetahuan etc sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan/memperbaiki kualitas lingkungan di Indonesia etc
- Surat rekomendasi dari dosen S1 sebanyak 2 surat, 
 Sebaiknya dari dosen yang benar2 mengenal karakter kita.
- Curriculum Vitae
- IELTS, minimal 6.0
- Ijazah S1 beserta transkrip 
- Summary of bachelor thesis
Sertakan abstrak dari tugas akhir anda
- Bukti berkorespondensi via email dengan program yang kita pilih.
Kemarin saya email utk menyatakan ketertarikan saya untuk melanjutkan studi master di Hannover melalui programme DAAD dan menanyakan tentang langkah2 pendaftaran ke universitas tsb.

Setelah semua dokumen lengkap, saya mengirimkan ke kantor DAAD Jakarta sebelum tgl 1 January 2012, lalu juga mengirimkan soft file sebagai bukti pendaftaran ke universitas yang saya tuju. Oleh pihak DAAD Jkt, saya diminta untuk menunggu pengumuman kira2 pada awal april 2012. Namun, tidak sampai April 2012, saya telah mendapatkan konfirmasi dari pihak DAAD Bonn, bahwa saya telah diterima beasiswa DAAD utk program tsb. Wah, tentunya saya senang sekali. Perjuangan bertahun2  rasanya terbayarkan. :)

Melalui milis ini, saya berpesan kepada teman2 pemburu beasiswa untuk tetap semangat dan pantang menyerah dalam mendapatkan beasiswa. Yakinlah pada apa yang dilakukan. Memang ada beberapa yang mendaftar, lalu langsung lolos dan ada banyak orang yang daftar, lalu gagal dan gagal lagi tapi setelah beberapa kali baru bisa lolos. Itu memang ujian yang harus dilalui, dan jangan pernah patah semangat jika memang memiliki keinginan yang kuat untuk dapat sekolah di luar negeri dengan beasiswa. Semua memang akan indah pada waktunya, selama kita terus berusaha dan pantang menyerah terhadap apa yang kita cita-citakan. Insyaallah akan menjadi kenyataan. 

SEMANGAT!
 
with kind regards,
Vega


From: "bastian_romeo@yahoo.com" <bastian_romeo@yahoo.com>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, March 20, 2012 9:32 PM
Subject: Re: [beasiswa] [butuh info] List dokter utk health certificate DAAD

 
Setuju.....pak iswan pradipta, mohon share nya sampe bisa lolos, utk DAAD ini sy pernah coba tapi kok kyknya kesulitan utk mndapatkan recommendation letter dr univ di sana, apa sy yg salah memahami,di website mnyarankan utk minta rec letter, cuma ketika dikontak ke salah satu profesor pd program di univ nya ehh malah disuruh ke websitenya DAAD jadi merasa di pingpong, akhirnya krn kesibukan di kantor jadi terlupakan. Trims

Sebastian Muhammad
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

From: iswan_pradiptya@yahoo.com
Sender: beasiswa@yahoogroups.com
Date: Tue, 20 Mar 2012 13:25:28 +0000
To: <beasiswa@yahoogroups.com>
ReplyTo: beasiswa@yahoogroups.com
Subject: Re: [beasiswa] [butuh info] List dokter utk health certificate DAAD

 
vega,selamat y krena sudah brhsil dpat beasiswa it. Email ne mungkn tidak brmaksud menjawab pertanyaan it,justru saya ingn brtanya,.jika vega berkenan,bisakan di cerikan step scra singkat mulai dari sejak awal hingga akhrnny vega berhasil mendapat beasiswa DAAD?
Saya berharap itu akan sangat bermanfaat bagi forum ini.
Terima kasih

Pradiptya
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

From: Vegaswarasti Kumala <vegakumala@yahoo.com>
Sender: beasiswa@yahoogroups.com
Date: Mon, 19 Mar 2012 00:30:27 -0700 (PDT)
To: beasiswa@yahoogroups.com<beasiswa@yahoogroups.com>
ReplyTo: beasiswa@yahoogroups.com
Subject: [beasiswa] [butuh info] List dokter utk health certificate DAAD

 
Dear Milister,

Mau tanya info nih bagi teman-teman yang pernah mendapatkan beasiswa DAAD dr Jerman. Alhamdulilah, saya telah mendapat pengumuman bahwa saya diterima beasiswa DAAD utk program Sustainable Water Management 2012 yang nantinya saya akan menempuh studi S2 di Hannover, Germany selama 2 tahun. Yang saya tanyakan, saya diminta untuk mengirimkan Health Certificate untuk keperluan insurance selama saya tinggal di Germany. Health Certificate tersebut harus diisi oleh dokter yang telah ditunjuk oleh Kedutaan Besar Jerman. Setelah saya bertanya kepada Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, tidak ada list dokter yang ditunjuk oleh mereka untuk keperluan tersebut. Saya telah mengirimkan email kepada kontak DAAD di Bonn, tapi masih belum ada kabar. Apakah dari teman2 ada yang pernah mengalami hal serupa? Mohon sharing pengalaman.

Terima Kasih.
 
with kind regards,
Vega




__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___

No comments: