Thursday, January 5, 2012

[beasiswa] Re: [Butuh info] beasiswa MPH (master of public health) di US, Inggris, Australia.

 

Dear Ahmad dan semua,

Alhamdulillah, saya memang mendapatkan banyak kemudahan dari Yang Diatas.

Perlu saya luruskan, saya mendapatkan beasiswa Fulbright untuk gelar MPH saya di Georgia State University, Atlanta ('07-'09). Sekarang saya melanjutkan ke program Doctor of Science in Global Health and Population di HSPH ('09-'14) dengan beasiswa dari HSPH.

Untuk strategi saya rasa yang berlaku umum berlaku juga untuk apply ke HSPH kok. Hal ini sudah banyak dibahas di milis ini, termasuk strategi apply ke Fulbright. Kiat2 sukses TOEFL dan GRE juga sudah sering dibahas, malahan saya bukan orang yang sukses dengan GRE. Skor saya cuma 1000 lebih dikit. Ahmad lihat2 sendiri dulu di archive milis, ya?

Sekali lagi saya harus menekankan pentingnya mempelajari *kurikulum* yang ditawarkan di sebuah program. Cocok tidak dengan yang Ahmad, atau yang lain, inginkan? 'Merk' Harvard atau yang lain itu sekunder saja, kalau memang yang dicari tidak ada di sini, ya jangan datang ke sini.

Khususnya buat Ahmad, perlu diketahui kalau 'public health' bukanlah satu 'disiplin ilmu' tapi merupakan satu 'topik' atau 'bidang' yang multidisiplin. Oleh karenanya, penting sekali untuk menguasai satu atau lebih disiplin ilmu sebelum terjun ke public health, atau bersiap-siaplah untuk tersesat. Nanti, training yang Ahmad dapatkan akan membantu Ahmad untuk menerapkan displin ilmu yang Ahmad kuasai di bidang PH, sekaligus berkomunikasi/bekerja dengan disiplin yang lain.

Disiplin ilmu yang dipakai di PH bermacam-macam. Kedokteran (manusia dan hewan), matematika, ekonomi, demografi, biologi, dan banyak lagi. Dalam hal ini, disiplin ilmu yang Ahmad sedang pelajari adalah kedokteran.

Oleh karenanya, memang ada baiknya menyelesaikan pendidikan dokter terlebih dahulu, terutama untuk meningkatkan paparan terhadap masalah2 klinis (di setting klinis, bukan di ruang kuliah) yang mungkin menjadi masalah kesehatan masyarakat yang ingin Ahmad tangani di kemudian hari (HIV, TB, malaria atau kesehatan jiwa?). Sementara menyelesaikan studi, rajin2 saja memantau milis ini, belajar dari pengalaman yang lain. Rajin2 juga berkunjung ke website berbagai SPH dan lihat persyaratan2 aplikasi dan program yang ditawarkan. Mau mulai apply2 ke beasiswa2 spt Fulbright atau yang lain juga nggak ada yang melarang, kok. Anggap saja try out. Saya juga 'try out' berkali-kali sebelum akhirnya diterima.

Yang lain mungkin bisa memberi masukan juga. Terima kasih.

Wass,

Panji

--- In beasiswa@yahoogroups.com, Ahmad Mujiburrahim <ahmad_mujiburrahim@...> wrote:
>
> Wah! beruntung sekali bang Panji bisa ke Harvard di Sana...
>
>
> Bisa ceritakan bang, gimana strateginya bang panji supaya bisa diterima di sana!?
>
> Apakah apply fulbright dulu atau HSPH dulu??
>
> Untuk mekanisme masuk HSPH gimana?? apakah berkas dikirim ke US lewat pos atau ada ujian seperti SPMB, atau gimana bang? supaya bisa menjadi mahasiswa disana??
>
>
> Pengalaman abang gimana??
>
>
> GRE lebih dari TOEFL Ibt kan bang?? Gimana tuh bisa tembusnya??
>
>
> Selagi saya Koas mengejar dokter, apa saja yang harus saya lakukan untuk mengejar dan merealisasikan mimpi saya kuliah di HSPH??
>
>
> Pardon me ask lot of questions to you. I'm very exciting with HSPH even there are you was passed Fulbright and Candidate of MPH HSPH.. What a genius are you!
>
> I need your direction to going forward like you!
>
>
>

__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments: