Thursday, October 10, 2013

[milis tarki] Kekesalan Kepada Bank Mega (DATA KARTU KREDIT)

 

Kekesalan saya terulang kembali kepada Bank Mega hari ini:
Kamis, 10 Oct 2013 tepat di hari "World Mental Health Day"
Sungguh miris & sangat menguji mental saya.

Kesalahan yang sama dilakukan kembali, hingga saya tak habis pikir, sungguh heran dan sangat disayangkan.

Menurut saya, kesalahan tersebut critical yaitu adanya kesalahan data nasabah (saya).
Data apakah itu?
Jawabannya adalah: TANGGAL LAHIR

Mungkin dari pihak Bank Mega merasa itu bukan sesuatu yg penting hingga untuk kedua kalinya saya merasakan kesalahan atau ketidaktelitian atau apalah itu sebutannya yang membuat saya menarik nafas panjang karena kesal!

Awal 2010 saya memutuskan membuat CC Mega atas iming-iming Sales CC Mega bahwa pembuatannya mudah bla bla bla. Ok, akhirnya saya setuju dengan syarat saya tidak ingin direpotkan urusan admin bla bla bla. Ya, memang benar saya dimudahkan, terima kasih saya ucapkan.
Ya kalian pasti tahu syarat awal ialah memberikan data lengkap saya, salah satunya fotocopy KTP.

Setelah semua data lengkap, ada tahapan cross-check. Si Sales dtg ke saya & keesokan harinya by phone menanyakan kembali apakah data sudah benar.

Ya, salah satunya ialah saya ditanya TANGGAL LAHIR.
Anggap saja tanggal lahir saya: 15 MAY 1985 (maaf karena saya tidak dpt share salah satu data pribadi dlm group ini & maaf bila pemilihan tgl tsb sama seperti salah satu dari kalian di group Tarki ini)

Ok! Sudah benar semua sesuai KTP saya. Dan tibalah hari dimana saya menerima CC Mega tsb lalu saya aktifasi.

---------------------2tahun lebih berselang------------------

Sekitar pertengahan tahun 2012 ada masalah dimana saya tidak mendapatkan konfirmasi tagihan melalui post. Akhirnya saya setuju penawaran dengan cara konfirmasi penagihan melalui email.
Sesudah itu, dengan email pun saya tidak dpt mengakses info tagihan saya.

Ya, pasti Anda semua tahu bila ingin mengakses "e-billing" biasanya kita diminta memasukkan password dengan susunan password seperti ini:
∙  xxxx: Empat digit terakhir nomor Kartu Kredit contoh: 1234.
∙  dd: Dua digit tanggal lahir, contoh: tanggal 15 ditulis 15.
∙  mm: Dua digit bulan lahir dalam angka, contoh: May ditulis 05.
∙  yy: Dua digit tahun lahir, contoh: 1985 ditulis 85.

Ok! Saya sudah memasukkan password sesuai instruksi, berkali-kali gagal!
Kenapa ya? Akhirnya saya menghubungi call centre Mega 500010 untuk mengetahui kenapa saya tidak dpt mengakses tagihan saya.

Ya! Akhirnya saya tahu kenapa tidak bisa, karena menurut pihak CC Mega, tanggal lahir saya salah & tidak sesuai data KTP.

Saya hanya tertawa miris & kesal mendengar hal tsb! Bagaimana bisa mereka mengatakan hal tsb, padahal awal pembuatan CC di tahun 2010 saya memberikan fotocopy KTP yg sama dengan yg sekarang, sudah cross-check berulang kali bahwa tgl lahir saya adl 15 MAY 1985 & tidak ada perubahan, apalagi itu TANGGAL LAHIR diri saya sendiri. OMG!

Menurut CS yg waktu itu menangani saya, tanggal lahir saya di data mereka ialah 05 MAY 1985. Beda 10hari memang, tapi tetap saja BEDA & SALAH!
Saya jadi tidak habis pikir, untuk apa semua docs pelengkap termasuk fotocopy KTP yg waktu itu saya kasih ke mereka kalo tiba-tiba bimmsalabim data tgl lahir saya berubah & menurut mereka sayalah yg salah.

Akhirnya, mereka meminta saya untuk mengirimkan "SURAT PERNYATAAN" & fotocopy KTP saya bahwa memang benar tanggal lahir saya 15 MAY 1985 sesuai KTP untuk merevisi data yg ada di system mereka.

Sungguh merepotkan! Padahal saya sangat yakin kesalahan ada di pihak CC Mega hingga salah memasukkan data tgl lahir saya.

Pertanyaan saya adalah:
Mengapa pihak CC Mega tidak cross-check ke semua dokumen pendukung yang saya kirim sewaktu awal membuat CC?! Toh sangat jelas print out KTP saya tertulis 15 MAY 1985.
Apa ternyata system filing salah satu Bank ternama di Indonesia tsb amburadul?

Ya dengan rasa kecewa pada akhirnya masalah kesalahan tanggal lahir tsb selesai, walaupun dengan waktu penyelesaian agak lama. Karena saya mendapatkan konfirmasi bahwa data saya sudah diganti sesuai KTP, yaitu 15 MAY 1985.

----1tahun lebih berselang (Kamis, 10 Oct 2013)----

Kejadian salah tanggal lahir tsb berulang kembali.

Apaaaaaa????!!!! Haaaahhhhhhh..!!!

Saya jadi bertanya-tanya & bingung, apa benar tahun lalu itu data saya sudah diperbaiki, padahal saya sudah direpotkan untuk membuat "SURAT PERNYATAAN" bla bla bla itu. :(

Ya, awal bulan September lalu, dompet saya yg sempat terjatuh, karena panik saya langsung telp call centre Mega agak CC saya di-blockir sementara. Tapi ternyata & untungnya dompet saya tsb tertinggal di kantor & ditemukan oleh salah satu teman saya. Akhirnya saya telp call centre Mega lagi utk proses unblock, tp karena saat itu sudah lbh dari 24jam dari awal saya minta blockir, saya harus mencetak kartu baru dengan biaya IDR50,000 & akan dikirimkan ke saya sekitar 10hari kerja. OK No problemo!

Kemarin sore, 9 Oct 2013 akhirnya CC Mega baru saya diantar, tp tidak saat itu jg saya mengaktifkan CC Mega tsb.
Barulah tadi pagi, 10 Oct 2013 saya menghubungi call centre Mega utk proses aktifasi.
Tetapi, saat persamaan data, saya mendengar perubahan nada suara yg agak ragu dari CS tsb sewaktu saya menyebutkan tgl lahir saya 15 MAY 1985.
Yaaa..benar dugaan saya, si CS langsung menyatakan bahwa data tgl lahir yg saya sebut tidak sesuai.

Seketika itu langsung saya tanya kembali ke CS tsb:
"Apa di data system Anda tgl lahir saya tertulis 05 MAY 1985?!" tapi si CS hanya menjawab: "Maaf, saya tidak bisa memberitahu Ibu data yg tercantum disini"

Hhhhhmmm...ada perbedaan ternyata!
2012 lalu: saya tahu tgl lahir saya 05 MAY 1985 yg tercantum di system itu dari si CS yg menangani saya. Dia mengatakan: "Maaf Bu, di data kami, tanggal lahir Ibu 05 MAY 1985"
2013 hari ini: si CS benar-benar tidak memberitahu data tgl lahir saya yg tercantum di system mereka.

Pertanyaannya adalah:
Apakah mereka mendapatkan training yg sama?? Kenapa CS 2012 bisa info data tsb ke saya, tetapi CS 2013 kekeh menjawab tidak bisa.
Saya jadi curiga & takut kalau-kalau tgl lahir saya di system mereka berbeda lagi (bukan tgl 15 atau 05 MAY 1985)

Akhirnya, si CS meminta saya kembali untuk membuat "SURAT PERNYATAAN" & dikirimkan beserta fotocopy KTP ke alamat email:
probal@bankmega.com
dengan waktu proses 2-7 hari (dan saya merasa yakin prosesnya bisa lbh dari itu krn pengalaman saya sebelumnya di tahun 2012 lalu)

Jujur, saya jadi malas utk proses aktifasi kartu CC Mega saya yg baru ini.
Karena menurut saya ini merupakan kesalahan yg sama yang diulang kembali dan hanya merepotkan Nasabah.
Tidak ada tindakan lebih lanjut untuk perbaikan pelayanan.

Ya semoga tidak ada Nasabah & Calon Nasabah CC Mega lainnya merasakan hal ketidakpuasan pelayanan seperti ini.

"Bahkan Keledai pun Tidak Akan Jatuh di Lubang yang Sama"

Terimakasih,
Indresさん - Tarki 05


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (3)
Recent Activity:
.

__,_._,___

1 comment:

Anonymous said...

saya mengalami hal yang sama