Friday, May 24, 2013

[milis tarki] Fw: Sharing toleransi dan kepedulian melalui bisnis.

 

dari milis sebelah.

----- Forwarded Message -----
From: "aw_krisnadi@yahoo.com" <aw_krisnadi@yahoo.com>
To: MC-ers@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 24, 2013 2:06 AM
Subject: Sharing toleransi dan kepedulian melalui bisnis.


Tindakan berbicara lebih keras dari pada ucapan (Action speak louder than mouth)

Sblm teman2 weekend bersama keluarga besok, saya mau sharing sedikit (kebetulan libur di hari sabtu sehingga yg bekerja di kantor masih konsen seperti biasa ya).

Sharing session

Banyak pihak yang menyerukan peduli lingkungan (go green) dimana2. Logo dan tulisan di pasang besar-besar. Banyak seruan kerukunan umat beragama dihembuskan agar Indonesia menjadi lebih baik.

Sekali lagi sangat mudah berkata dan menyuarakan sesuatu namun belum tentu pelaksanaannya akan berbanding lurus.
Itulah sedikit perhatian yang coba saya tunjukkan melalui tindakan dari pada perkataan. Sikap yang nyata dari pada tulisan saja.
Bisnis yang saya dirikan pada tahun 2010 dengan nama delondrehous (dapat dilihat di www.delondrehous.com) tidak pernah memasang slogan apapun ttg kepedulian lingkungan ataupun kerukunan beragama namun saya mencoba mengaplikasikannya dlm bentuk yg real. Utk sebuah laundry khusus penanganan pakaian harian(pakaian kantor dan rumah) dan linen rumah tangga merek lokal yang dibangun sendiri dengan harapan akan mampu bersaing dan meningkatkan tingkat kesejahteraan banyak pihak, beberapa kesepakatan didalamnya memang terlihat dipaksakan demi sebuah idealisme.

Go green

Delondrehous adalah laundry yang menyulitkan dirinya sendiri dengan tidak menggunakan plastik sebagai kemasannya namun (80% lebih) menggunakan kertas. (Reduce)

Meminta pelanggan agar membawa kembali hanger utk dipakai ulang. (Reuse)

Tas Koran

Kami menggunakan koran yang di kemas menjadi paper bag. (Namun sementara terhenti karena vendor dr salah satu organisasi pecinta lingkungan di slh satu kampus berhenti melakukan supply)
(Recycle)

Menyiapkan saluran pengendapan agar bahan kimia dapat tersaring lebih dahulu sebelum bergabung dgn sumber buangan lain. (Prevent)

Melakukan penghijauan di sekitar outlet dengan menanam tumbuh2an. Dan tidak menggunakan bahan kimia yg aman utk lingkungan (infonya) yg ternyata membuat lumut tumbuh subur di saluran air mengalir yg efeknya buruk bagi ekosistem di air. (Awareness)

Diluar dari itu semua utk ukuran bisnis retail ada satu yang tidak biasa.

Selalu Tutup pada Hari Libur Keagamaan Nasional masing2 Agama yang ada di Indonesia. (Sementara kebanyakan bisnis retail tiap hari buka)

Belakangan banyak orang yg entah tidak menyadari atau karena aktifitas yang padat sehingga terdapat pengertian bahwa hari libur keagamaan pemeluk agama lain merupakan sekedar hari libur biasa dan waktunya utk beristirahat atau liburan (tanpa men-generalisir). Bahkan kerap kali sebagian org lupa libur tersebut libur apa karena tdk merasa berkepentingan dan itu sah-sah saja.

Pesan yg delondrehous sampaikan adalah agar para pelanggan kami ketika datang ke outlet atau mengubungi utk mengorder delivery laundry menyadari bahwa hari tersebut kami tdk beroperasi dan papan info yang kami tulis berupa ucapan selamat atas perayaan hari raya tersebut diharapkan dpt menjadi perantara utk pelanggan kami juga mengucapkan selamat bagi saudara2 kita pemeluk agama lain yg sedang memiliki hari besar. Sebagai bentuk " alert/reminder" jika dalam bahasa Inggris. Meskipun cukup banyak pelanggan kami orang asing (expat) penghuni2 di hotel2 five star dan juga apartment tetap kami informasikan agar mereka juga menyadarinya. Tindakan ini memang sangat kecil dan tidak memiliki efek domino. Namun saya ingin dimulai dari tim kerja saya dan pelanggan saya kesadaran akan hal2 tersebut terbentuk. Dan semua itu dimulai dari tindakan kecil yg berarti.
Menurut saya Disinilah benih2 toleransi antar umat beragama dpt ditumbuhkan kembali. Dan artinya baik pelanggan dan pekerja kami dapat berasal dari berbagai latar belakang dan tidak ada yg didiskriminasi sehingga dpt bekerja dgn lebih nyaman dan mampu menghargai perbedaan.

Selamat Hari Raya Waisak 2557
25 Mei 2013!!

Semoga menginspirasi.

AW.Krisnadi

Co Founder delondrehous "the artwork of daily laundry"
pemesanan dan kerjasama :
021-99028854 / Pin 33050692 for order.
www.delondrehous.com
@delondrehous
&
Co founder of SUCC+ESS
(Start Up Company Consultant + Enterprise Sustainability System).
0815 145 73973
@krisnadi
@succplusess
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments: