Saturday, February 16, 2013

Fw: [milis tarki] Batasan Jobdesc dari Personal Assistant

------Original Message------
To: vebby_indosat2007@yahoo.com
Subject: Re: [milis tarki] Batasan Jobdesc dari Personal Assistant
Sent: Feb 12, 2013 12:01

Dear Mbak Delima,


Saya setuju dengan Mbak Melisa. Sekedar berbagi pengalaman saja,saya pernah jadi PA selama 1 thn di perusahaan lokal dgn jenis usaha transportasi AKAP,dimana saya sebagai PA utk CEOnya Inilah jeleknya perusahaan keluarga,batasan antara PA utk urusan kantor dan urusan keluarga sangat tidak jelas.Saya bahkan juga bertugas mengatur jadwal mandi dan potong rambut anjing2 putri si CEOnya, mengatur jadwal membersihkan kolam renang rumahnya juga rumah anak2nya dan msh byk lagi.FYI,putri dari CEO itu kala itu sudah berusia 35 thn dan telah berkeluarga.Saya juga mengalami kekerasan fisik dan verbal dari anak2 dari CEO tsb,sedikit banyak seperti yang Mbak Vebby alami.Tapi saya kuat2an bertahan selama 1 thn disana dengan pertimbangan saya harus menjaga resume kerja saya dan saya keluar dari sana baik2 bahkan mereka mengadakan farewell party utk saya.

Sekarang ini setiap kali saya menonton film "Devil wears Prada" saya suka tersenyum sendiri,krn peran yg dimainkan Anne Hathaway sgt mencerminkan diri saya dulu.

Sekarang ini saya menjadi PA utk WNA di perusahaan asal Swiss.Batasan kerja disini sgt jelas dan kalaupun ada hal2 pribadi yg sy urus,msh masuk dlm batas kewajaran.

Demikian dan sekedar berbagi pengalaman.

Thanks,
Lala


------Original Message------
From: vebby_indosat2007@yahoo.com
Sender: aksek_tarakanita@yahoogroups.com
To: mantoinettemweking@yahoo.com
To: Delimawati Suwandi
To: aksek_tarakanita@yahoogroups.com
ReplyTo: vebby_indosat2007@yahoo.com
Subject: Re: [milis tarki] Batasan Jobdesc dari Personal Assistant
Sent: Feb 9, 2013 22:35

Dear Delima,

Saya punya pengalaman buruk jadi PA di sebuah klinik kecantikan..nih sharing aja yah..disana bener2 worse..masih mending mbak cuma disuruh ke tukang laundy,kalo saya..sampe pakein pakaian dalam,nyuapin,padahal dia ada Office Girl yang banyak loh,tapi kalo Office Girl ada yang ga masuk,kita disuruh gantiin,dan dia berani bayar kita range sampe 10 juta rupiah...plus ditambah perlakuan kasar sampe pukul kepala pake kaleng hairspray...waduh dibayar segitu se milyar pun,siapa yang tahan? Tul ga? Padahal dia itu S3 loh...dokter spesialis..gelar SPKKK dan anak bekas wakil president jaman suharto...jadi solusinya kita tegas bilang kita bukan babu dan pembantu,kita tuh sarjana muda...dan tinggalkan boss gila itu..semoga cerita saya bermanfaat...wass..

Sent from my BlackBerry®

powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----

From: "Melisa Weking" <mantoinettemweking@yahoo.com>

Sender: aksek_tarakanita@yahoogroups.com

Date: Tue, 5 Feb 2013 09:13:37

To: Delimawati Suwandi<delima259@gmail.com>; <aksek_tarakanita@yahoogroups.com>

Reply-To: mantoinettemweking@yahoo.com

Subject: Re: [milis tarki] Batasan Jobdesc dari Personal Assistant

Dear Mba Delima,

Mengenai Personal Assistant, pada dasarnya ada 2type.

Type yg pertama adalah personal assistant yg hanya bekerja untuk administrasi dari sang boss. Disini jobdesknya ga terlalu rumit, krn hanya mengurusi keperluan pribadinya scr admin, termasuk mengurus tagihan bank, listrik, tv cable, dll.

Lalu ada lagi personal assistant dgn job desk 'semua keperluan sang bos' dari urusan cari maid, sampai kontrol belanja bulanan dan pengendalian bocor di rumahnya, semua kita yg kerjakan. Dan kalau dy minta kita ke kantor jam 11malam untuk menyiapkan presentasi atau melihat pengambilan PC utk diantar ke rmhnya, kita harus siap. Need to be ready 24/7.

Saya pernah melakukan pekerjaan sbg PA kedua type tersebut dan terusterang ketika saya bekerja sbg PA dgn type kedua tersebut selama satu tahun, sy sama sekali tdk punya waktu untuk bersosialisasi, kecuali tentunya dgn cara nyolong2 waktu.

Untuk type pertama biasa digaji oleh perusahaan, sementara untuk type kedua, biasanya dihire personal oleh sang bos. Namun tdk jarang sang bos memanfaatkan PA kantor menjadi PA type kedua. Untuk itu sy sarankan mba Delima bertanya langsung kepada HR kantor mba, seperti apa batasannya.

Olehkarena itu, sangat penting untuk meminta jobdesk yg jelas ketika kita di hire oleh suatu perusahaan, sehingga ketika bos meminta sesuatu yg diluar jobdesk dan sangat memberatkan kita, hal tsb bs ditolak (dan kita berhak menolaknya) tapi tentu saja sebelumnya kita berkonsultasi dgn HRD.

Demikian, semoga cukup membantu.

Cheers,

Melisa Weking

Cheers,

Melisa Weking

-----Original Message-----

From: Delimawati Suwandi <delima259@gmail.com>

Sender: aksek_tarakanita@yahoogroups.com

Date: Mon, 4 Feb 2013 15:29:00

To: <aksek_tarakanita@yahoogroups.com>

Subject: [milis tarki] Batasan Jobdesc dari Personal Assistant

Dear all,

Mohon info donk,

Saya baru dapat bekerja di Bali sebagai PA dari boss USA yg sudah lama

tinggal di Indonesia dan istrinya org Indonesia.

Agak shock juga dengan definisi PA yang mereka anggap. Mulai dari printilan

kecil seperti laundry, belanja bulanan, sampai ke masalah rumah tangga,

harus saya tanggani. Kasarnya seperti assistant rumah tangga daripada

assistant untuk kantor.

Selama saya bekerja menjadi PA di Jakarta, belum pernah ktemu dengan tipe

seperti ini. Apakah semua PA memang seperti ini?

Buat teman-teman yang di Bali, share donk apakah PA di Bali khususnya untuk

bule-bulenya memang seperti demikian?

Maap curlong di siang-siang..

Thanks

Delima

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

Yahoo! Groups Links



Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/aksek_tarakanita/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/aksek_tarakanita/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
aksek_tarakanita-digest@yahoogroups.com
aksek_tarakanita-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
aksek_tarakanita-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

No comments: