Friday, November 23, 2012

[milis tarki] (share) Tas saya di curi di Coffee Bean Plaza Senayan, tempat nyaman belum tentu aman !! Berhati-hatilah..

 



Dear all,

Saya ingin berbagi cerita ini, agar kita semua lebih berhati-hati bahwa aksi kejahatan bisa terjadi dimanapun, meski di tempat yang sekiranya kita anggap nyaman dan aman.

Rabu sore, 20 November 2012, Jakarta diguyur hujan lebat. Saya menuju Plaza Senayan untuk bertemu dengan teman-teman saya yang sedang ngopi2 di The Coffee Bean & Tea Leaf Plaza Senayan (Ground Floor).

Pukul 18.55, saya yang membawa tas ransel warna hitam tiba di Coffee Bean (CB), dan menghampiri 2 teman saya yang duduk di non smoking area (tak jauh dari kasir). Saya letakkan tas di lantai sebelah kursi yang saya duduki. Saya tidak memesan minum, karena kami memang berencana akan langsung melanjutkan perjalanan ke Pondok Indah. Kami ngobrol sebentar, dan kemudian saya ingin pergi ke toilet. Sebelum ke toilet, saya berpesan kepada 2 orang teman saya untuk menjaga handphone BlackBerry yang saat itu saya letakan di atas meja sambil di charge dengan power bank. Sementara, tas tetap di bawah sebelah kursi menjorok ke kolong meja.  

Setelah dari toilet, saya kembali duduk di kursi semula. Tak lama kemudian, teman saya mengajak pergi. Saat akan pergi dan mengambil tas saya, ternyata tas saya sudah tidak ada di kolong meja. Sontak saya kaget, dan menanyakan ke dua teman saya. Tapi mereka sama sekali tidak mengetahui tas ransel yang saya letakkan di samping kursi.

Saya langsung melihat sekeliling, dan menyadari bahwa tas saya dicuri! Saya mencurigai 4 orang pengunjung CB, yang sebelumnya duduk di belakang dan di samping kami, sebagai pelaku pencurian tas saya. Karna mereka pun tiba-tiba menghilang bersama hilangnya tas saya. 

Kami pun kemudian menanyakan ke pelayan CB, tentang keberadaan dan perginya ke empat orang tersebut. Namun sayang, para pelayan CB pun tidak mengetahui dan tidak memperhatikan setiap pengunjung. 

Saya lalu berusaha menghubungi handphone saya lainnya yang ada di dalam tas. Namun sudah tidak aktif. Selain HP, di dalam tas saya berisi pula dompet (KTP, uang cash, ATM, credit card), 1 buah blackberry onyx 2, modem wifi, USB flash disc, buku-buku, beauty case & beberapa barang lain yang saya butuhkan.

Setelah itu, saya langsung menemui satpam Plaza Senayan untuk melaporkan hilangnya tas saya di CB. Satpam kemudian mengantarkan kami ke kantor security gedung, di lantai bawah dan diterima oleh Kepala Security Plaza Senayan (PS). Disini saya meceritakan kronologis kejadian pencurian dalam kurun waktu 19.00-19.10. 

Kami pun ingin melihat rekaman CCTV yang terdapat di lorong pintu keluar CB, supaya kami bisa mengenali pelaku yang pastinya akan melewati lorong tersebut sebagai akses keluar masuk CB. Namun pihak security tidak memperkenankan hal tersebut karena menurut mereka sesuai PROSEDUR, dimana rekaman CCTV hanya bisa dilihat apabila ada surat keterangan dari Kepolisian. 

Saya terkejut bahwa seorang korban pencurian yang ingin melihat rekaman di lokasi kejadian, harus ada surat dari pihak kepolisian!!?? Bukankah dengan prosedur yang berbelit-belit membuat si pencuri justru keburu kabur?? Tapi ya, karena PROSEDUR tetaplah PROSEDUR, akhirnya terpaksa saya jalani. 

Seusai membuat detail laporan, saya pun memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi. Pihak Security Plaza Senayan berjanji akan menghubungi saya esok hari, untuk memberi informasi ditemukan atau tidaknya tas saya. Namun hingga 3 hari berselang, saya tidak menerima telepon dari Manajemen ataupun Keamanan Plaza Senayan.

Setelah pelaporan, saya kembali ke CB untuk meminta surat Berita Acara. Saat itu saya mengamati bahwa tidak ada kamera CCTV di CB,  kami pun menanyakan hal ini ke Manager Outlet dan security CB. Akhirnya diketahui bahwa kamera CCTV hanya dipasang di dekat kasir, dan tidak terpasang di ruang pengunjung.
Dari cerita staff CB, ternyata peristiwa pencurian di Coffee Bean, Plaza Senayan bukanlah yang pertama kali terjadi. Kalau memang kejadian berulang kali, lantas kenapa CB tidak memasang CCTV seperti tenant coffee shop lainnya?! Bukankah seharusnya selain menjual minuman, makanan dan suasana nyaman namun juga Coffee Bean harus menyediakan rasa aman bagi pengunjung?! 

Cerita yang saya kemukakan ini dimaksudkan agar para pengunjung dapat lebih berhati-hati, karena Coffee Shop di mall besar dan mewah seperti Plaza Senayan tempat yang kita anggap cukup nyaman ternyata belum tentu aman dari tindak kejahatan.
 
Seperti Bang Napi bilang:
Kejahatan timbul tidak hanya ada niat dari pelakunya saja... melainkan juga adanya kesempatan..
Jadi.. WASPADALAH...WASPADALAH...!!
 

Wassalam,

Ingrid Diana
Jakarta - DO the best and Allah will DO the rest..

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments: