Sunday, June 3, 2012

[Indo-Job] Tulisan: Ia Bukan Anak Favoritku

 

IA BUKAN ANAK FAVORITKU

Seorang ibu menceritakan pengalamannya pada saya. Ia mempunyai 3 orang anak tetapi ia paling merasa tidak cocok dengan putri bungsunya. "Entahlah kenapa, tapi aku benar-benar tidak suka dengan sifat pemberontaknya. Dan beberapa tahun lalu, seorang pintar pernah mengatakan bahwa aku dan putri bungsuku memang tidak cocok. Ciong!" Kata ibu itu.
 
"Mulanya aku percaya dengan perkataan bahwa aku tidak cocok dengan putri bungsuku. Tapi suatu kali, ketika aku sedang membereskan kamar anak-anak, aku membaca buku harian si bungsu. Ia menulis: Sebentar lagi mama ulang tahun, kakak-kakakku sudah punya kado untuk diberikan pada mama, aku belum.. Aku takut kalau aku salah beli kado lalu mama membuang kadoku, lalu mama marah padaku, lalu... Ah! Tidak dapat aku bayangkan. Orang itu bilang aku memang tidak akan pernah cocok sama mama, itu mungkin berarti, apa pun yang akan kulakukan untuk membuat mama senang, pasti akan berakhir buruk. Aku sedih sekali. Bahkan, anak-anak yang dibuang oleh orangtuanya saja, mereka masih punya sedikit harapan untuk suatu waktu boleh bertemu dengan orangtuanya. Sedangkan aku? Aku seperti terlahir mempunyai mama yang salah, kemana aku harus mencari mama yang benar? Mengapa Tuhan memberikan aku mama yang salah?" Papar sang ibu.
 
"Setelah membaca buku harian anakku itu, aku pun akhirnya bertanya, mungkinkan Tuhan salah memasangkan aku dan anakku? Tidak mungkin, pikirku. Tuhan itu maha baik, maha benar, tidak mungkin IA membuat kesalahan seperti itu. Sore harinya, aku putuskan untuk pergi berdua saja dengan si bungsu... Mengajaknya saja, hatiku sudah berat sekali, mengingat mimik mukanya yang selalu cemberut, jawaban-jawaban singkatnya yang selalu sinis, kecenderungan-kecenderungan ia selalu mau melawanku. Dan benar, ketika hendak berangkat saja, ia memang sudah berulah. Aku mencoba diam, tidak marah-marah seperti biasanya. Di Food Court, aku mencoba lebih banyak tersenyum mendengarkan dia bercerita tentang hal yang sebenarnya tidak menarik. Berbeda sekali dengan kedua anakku lainnya, mereka selalu punya topik lucu dan ceria yang mudah membuat aku tertawa. Aku menawarinya untuk membeli baju, pilihan-pilihan bajunya pun, kurasakan norak, tapi aku tetap mencoba memahaminya... Ketika sampai di rumah, anakku berkata, "Mama, hari ini aku senang pergi dengan mama. Tadinya aku takut pergi dengan mama, takut kita bertengkar lagi, makanya tadi aku melawan supaya tidak jadi pergi." katanya.
 
"Hari itu aku belajar untuk memahami orang lain, hari itu aku belajar menerima bahwa hidup ini tidak selalu untuk menyenangkan diri sendiri. Kedua anakku, memang pandai merebut hatiku. Tapi seorang darah dagingku yang satu ini, adalah titipan Tuhan yang membuat aku belajar untuk melihat hidup tidak hanya dari satu sisi saja. Ternyata, memahami hidup dari berbagai sisi, sungguhlah indah."
 
 
Yacinta Senduk SE, SH, MBA, LLM
Principal of Yemayo Advance Education Center
Kunjungi: www.yacintasenduk.blogspot.com
Follow twitter: @Yacinta_Senduk
Add Yemayo-AEC BB Pin: 2736346A untuk twitter keluarga harian yang hadir 4x seminggu penuh inspirasi dan mencerahkan bagi Keluarga
 
Kursus Kecerdasan Pribadi PERTAMA DI INDONESIA
Untuk usia 2 s.d 19 tahun, direkomendasikan sekolah nasional dan internasional dan para ahli
Daftarkan pula PROGRAM LIBURAN, DISCOUNT 25% khusus pembayaran di bulan Mei 2012
 
Pre-School Unik dengan harga bersahabat
Untuk usia 2 s.d 6 tahun
Ada kenaikan harga per 20 Mei 2012 – DAFTARKAN SEGERA
 

__._,_.___
Recent Activity:
Bergabunglah dengan milis lainnya:


Manajemen-Industri-subscribe@yahoogroups.com  ==> Manajemen Industri

Free-English-Course-subscribe@yahoogroups.com ==> Kursus Bahasa Inggris

PONSEL-INDONESIA-subscribe@yahoogroups.com ==> Telpon selular

HRD-POWER-subscribe@yahoogroups.com ==> Milis HRD

Indo-Job-subscribe@yahoogroups.com ==> Lowongan kerja luar negeri dan
beasiswa

Bisnis-Karir-subscribe@yahoogroups.com ==> Pembinaan bisnis dan karir

Komputer dan Teknologi:

http://tech.groups.yahoo.com/group/KOMPUTER-TEKNOLOGI/

Manajemen produksi/operasi/supply chain/logistik:

http://finance.groups.yahoo.com/group/APICS-ID/
.

__,_._,___

No comments: