Sunday, June 3, 2012

#FrenBC @ PENDAMPING USAHA ? APAKAH PERLU ?

 

"PENDAMPING USAHA ? APAKAH PERLU ?"

Teman2 Muda, Tak perlu takut mencoba berwirausaha. Berwirausaha jelas usaha yang sangat mulia memberikan kemanfaatan tidak hanya kepada kita, tetapi juga lingkungan disekitar kita. Namun juga persiapkan diri dengan matang ketika Anda memutuskan untuk berbisnis. Salah satu hal penting dailam memulai usaha sendiri ini adalah mencari pendamping atau biasa disebut MENTORING.

Pendampingan atau mentoring ini, dalam berwirausaha bisa didapatkan melalui beragam cara. Antara lain dengan mengikuti talkshow, seminar, atau kegiatan wirausaha lainnya. Beberapa yayasan atau LSM atau badan kewirausahaan sering mengadakan perlombaan dimana salah satu hadiahnya biasanya adalah memberikan pendampingan atau mentoring.

Pendampingan usaha menjadi penting bagi pemula dan turut menentukan keberhasilan bisnis yang Anda jalankan. Jika saat ini Anda sudah mulai berbisnis, namun merasa tak berkembang, boleh jadi Anda menjalankan bisnis tanpa berbasis pengetahuan yang sebenarnya bisa Anda gali dari mentor atau pendampingan. Walaupun bagi sebagian orang yang berwirausaha memiliki bakat, namun banyak dari entrepreneur pemula yang minim pengalaman. Mentor inilah yang akan membantu pemula ini untuk mencapai target2 yang diinginkan. Paling tidak, dengan pendampingan, si pemula ini mengalami peningkatan dan mampu mencapai target.

Berapa lama waktu pendampingan ini ? biasanya 6 (enam) bulan saja cukup hingga satu tahun. 6 sd 12 bulan pertama adalah masa paling kritikal dari masa pembentukan dasar2 perusahaan, dimana situasinya pada umumnya masih labil dan rentan terhadap masalah2 dasar perusahaan. Dengan adanya mentor, diharapkan paara Wirausaha mudah bisa lebih tenang dan lebih tepat memutuskan hal-hal penting yang terjadi, sehingga diharapkan ketidakstabilan perusahaan di periode awal ini bisa segera terlalui.

Mentor diperlukan untuk terutama untuk masalah2 apa ?. Entrepreneur pemula biasanya kurang berpengalaman sehingga membutuhkan mentor dalam hal manajemen dan keuangan. Wirausaha pemula biasanya belum efisien dalam mengelola keuangan termasuk biaya usaha. Akhirnya biaya usahanya pun bengkak, karena ia belum tahu tempat belanja yang lebih murah misalnya. Atau keterbatasan pengetahuan mengenai penyusunan laporan keuangan yang akhirnya berpengaruh pada kontrol terhadap keuangan perusahaan. Ketidak tahuan atas perhitungan biaya2, cash flow management, pengelolaan modal kerja, dll.

Biasanya Wirausaha pemula juga masih bingung dalam manajemen, dalam hal pengelolaan sumber daya manusia, dalam hal perpajakan, keterbatasan pengetahuan dalam akses pencarian modal kerja, akses ke perbankan, keterbatasan akses pemasaran, dan keterbatasan akses sumber bahan baku yang efisien. Dengan mendapatkan mentor, termasuk dari teman-teman yang sudah sukses berbisnis, ia bisa mendapatkan panduan yang lebih efisien tanpa perlu mengalami kesulitan2 yang tidak perlu. Sehingga diharapkan Wirausaha dapat segera menemukan titik stabil dalam pengelolaan perusahaannya dan dapat maju lebih cepat lagi untuk selanjutnya.

Seorang Mentor tidak harus mendapatkan sesuatu dari kita, namun jika kita sudah stabil, sebuah ajakan kerjasama dari kita barangkali dapat membuat Mentor lebih menghargai kita dan bisa dilajutkan dengan kerjasama dengan berbagai bentuk yang saling menguntungkan, tidak hanya untuk jangka pendek, namun juga jangka panjang, mengingat dasar perkenalannya sudah dimulai saat Anda memulai usaha.

Maka dapat dipastikan, adanya Pendamping atau Mentor jelas akan mempermudah anda melewati masa-masa sulit usaha Anda di tingkat awal...

Semoga bermanfaat, terus maju pantang mundur !. jatuh 7x Bangunlah 8x...

Salam Wirausaha!

Pin 21E3D90A

__._,_.___
Recent Activity:
<*> http://www.facebook.com/groups/bisniscenter || http://twitter.com/BisnisCenter

+++
:-) Do...., Real, Respect, Warm, Interact, Related, Short-Informative
:-( Don't., OneLiner, scam, MLM pyramid spam scheme, illegal-SARA
*_^ Just Friday 4 Selling or promote your Service/Product
.

__,_._,___

No comments: