Friday, June 22, 2012

#FrenBC @ HR Training : 1.Sertifikasi Sistem Pengupahan 2. Certified Professional in Industrial Relation

 



Dear Bapak dan Ibu Praktisi HRD,Kami dari Service Leadership menginformasikan agenda training publik untuk bulan Juni & July 2012.
Semoga informasi pelatihan ini dapat bermanfaat untuk perusahaan Bapak dan Ibu
Salam HormatService LeadershipSMS / HP 0812.9766.822.SMS / HP 0812.802.8352
www.serviceleadership.web.id
email: info@serviceleadership.web.idPin BB : 2262D278  

SERTIFIKASI SISTEM PENGUPAHAN Plus
RANCANGAN STRUKTUR DAN SKALA UPAH 
BERDASARKAN UU 13/2003 & KEPMEN 49/2004 

4-5 Juli 2012 , Hotel Bidakara / Haris FX Plaza /Apt. Batavia
Jakarta Pkl. 09.00-17.00 wib 
Informasi : HP 0812.9766.822 / HP 08112.802.8352  Pin BB : 2262D278 
Download brosur dan Formulir Registrasi di http://serviceleadership.web.id/brosur/sistem_pengupahan.pdf
E-mail : info@serviceleadership.web.id  

" Banyak praktisi yang hebat dalam konsep dan strategi pengupahan, menguasai sistem pengupahan versi sistem ternama di dunia, sistem ternama di Indonesia, tapi setelah di audit dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku banyak yang cacat hukum dan batal demi hukum..."
Contoh kecil kesalahan yang sering terjadi :

* Perusahaan sering menggunakan istilah Gaji, padahal Undang-Undang hanya mengenal istilah Upah
*  Dalam prakteknya banyak terjadi kesalahan dalam rancangan sistem pengupahan sehingga terjadi cacat hukum dan batal demi hukum

Tahukah Anda?
Bahwa UU 13 Tahun 2003 dan Peraturan Pendukungnya telah menyediakan alat untuk membuat sistim upah yang baik dan benar 
dan apabila perusahaan mengikuti aturan yang ada, maka tidak akan terjadi yang namanya cacat hukum dan batal demi hukum   

Latar Belakang :

Kenyataan di lapangan banyak terjadi kesalahan dalam sistem pengupahan tanpa disadari oleh praktisi HRD dan hal tersebut berlangsung bertahun-tahun tanpa ada koreksi sama sekali. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan tentang aturan hukum yang berlaku sehubungan dengan sistem pengupahan.

Banyak praktisi yang hebat dalam konsep dan strategi pengupahan, menguasai sistem pengupahan versi sistem ternama di dunia, sistem ternama di Indonesia, tapi setelah di audit dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku banyak yang cacat hukum dan batal demi hukum.

Program ini didesain kepada para praktisi agar dalam mendesain sistem pengupahan sesuai rambu-rambu peraturan yang ada.

Tujuan:

1. Peserta menguasai definisi dan ketentuan peraturan sistem pengupahan yang berlaku di Indonesia
2. Peserta mampu mendesain sistem pengupahan yang baik dan benar menurut peraturan yang berlaku
3. Peserta mampu memodifikasi sistem yang sudah ada agar tidak melanggar peraturan yang berlaku

Materi Pembahasan

Hari I : Definisi, kebijakan dan ketentuan menurut UU 13 tahun 2003 dan aturan pendukungnya

1. Definisi Upah Menurut UU 13 tahun 2003
2. Komponen Upah menurut UU 13 tahun 2003
3. Komponen Tunjangan menurut UU 13 tahun 2003
4. Fasilitas menurut UU 13 tahun 2003
5. Bonus dan Insentif
6. Kebijakan Pengupahan menurut UU 13 tahun 2003
7. Ketentuan wajib menurut UU 13 tahun 2003
8. Ketentuan tentang makan
9. Ketentuan tentang Upah Minimum
10. Ketentuan tentang THR dan cara perhitungannya
11. Ketentuan tentang Lembur dan cara perhitungannya
12. Ketentuan waktu istirahat cuti
13. Ketentuan tentang Jamsostek dan cara perhitungannya
14. Ketentuan tentang perlindungan upah
15. Ketentuan tentang uang PHK dan cara perhitungannya
16. Komponen uang PHK
17. Ketentuan Upah selama sakit, skorsing, mogok dan ditahan pihak berwajib
18. Ketentuan tentang Pajak penghasilan

Hari II

1. Ketentuan struktur dan skala upah KEP 49/Men/IV/2004
2. Membuat struktur dan skala upah step by step versi Kepmen 49/2004
3. Modifikasi dilapangan terkait struktur dan skala upah
4. Kaitan dengan kinerja dan lain-lain
5. Hal-hal yang harus diatur dalam PP atau PKB
6. Sharing dan diskusi masalah upah

Fasilitator :

Drs. Jack Alenzo, MM, MH

Adalah Senior Consultant dan fasilitator pengembangan organisasi dan HRM. Saat ini juga memimpin sebagai Project Manager sebuah project MPC pada perusahaan kontraktor oil & gas raksasa dari Perancis.

Pengalaman praktis selama lebih dari 20 diperolehnya di berbagai perusahaan MNC, terakhir duduk sebagai Senior HR Manager disebuah perusahaan kimia pertanian.

Saat ini banyak memberikan pelatihan publik dan in-house di bidang pengembangan organisasi dan manajemen HRD.

Investasi
Fullfare Rp 3.500.000/ peserta
Pembayaran sebelum tgl 10 Juni 2012 Rp 2.900.000 /peserta 
Transfer ke rekening BCA no 6300801704 a.n Tohap P Simanjuntak

Registrasi
Service Leadership
HP 0812.9766.822.
HP 0812.802.8352
www.serviceleadership.web.id
email: info@serviceleadership.web.id
Pin BB : 2262D278

 

CERTIFIED PROFESSIONAL 
IN INDUSTRIAL RELATION
-Running-

9-10 July 2012, Pkl 09.00-17.00 wib Bidakara Hotel/ FX Harris Hotel, Apt. Batavia

Informasi : HP 0812.9766.822 / HP 08112.802.8352
E-mail : info@serviceleadership.web.id 
Download Brosur : www.serviceleadership.web.id
Pin BB : 2262D278

Latar Belakang

Perkembangan manajemen SDM mutakhir dewasa ini tetap mensyaratkan kondisi Industrial Relation yang kuat sebagai titik awal bagi tumbuh kembangnya perusahaan. Lebih dari sekedar legal complaint, sesungguhnya kerjasama dan komunikasi yang menjadi inti dari Industrial Relation haruslah dibangun dengan pondasi yang kuat sehingga permasalahan yang akhir-akhir ini dihadapi banyak perusahaan seperti masalah perburuhan dan serikat pekerja berdampak serius, mulai dari perlambatan kerja, pemogokan, sabotase bahkan sampai dengan penutupan perusahaan.

Perkembangan Hubungan Industrial dewasa ini banyak tantangannya. Perubahan keadaan karena globalisasi, reformasi yang meliputi kebebasan berserikat, pelaksanaan HAM, supremasi hukum, perubahan peraturan perundang-udangan, otonomi daerah, penerapan standar ketenagakerjaan internasional, infra struktur dan iklim investasi, ikut mengubah pola hubungan industrial, khususnya perubahan perilaku dan sikap yang menyangkut banyak aspek seperti sosial, budaya, ekonomi, politik dan upaya peningkatan kesejahteraan.

Menghadapi kenyataan ini, para praktisi Hubungan Industrial dituntut untuk lebih sinergis dan cepat beradaptasi dengan kondisi nasional dan lingkungan dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk menciptakan adanya Hubungan Industrial yang kondusif untuk peningkatan produktivitas perusahaan.

Bertolak dari masalah tersebut diatas barulah disadari bahwa fungsi Industrial Relation sungguh sangat strategis dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif, aman dan berkelanjutan yang pada akhirnya membuahkan iklim kerja yang kondusif. Dengan hubungan yang harmonis setiap kebijakan manajemen mendapat dukungan dari seluruh karryawan dan pada gilirannya keberadaan perusahaan dapat tetap bertahan dan bahkan berkembang maju.
Workshop ini disajikan secara rinci pengetahuan dan praktek Industrial Relation yang dibagi kedalam 2 (dua) ranah, yaitu ranah peningkatan kerjasama dalam rangka membangun kesamaan padangan dan tujuan antara perusahaan dengan pekerja serta pemangku kepentingan lainnya, Pokok-pokok yang akan dibahas antara lain konsep dasar kerjasama pekerja dan management, perbedaan kerjasama dengan perundingan bersama, kemudian bagaimana memulai dan mengelola dan melakukan monitoringnya.
Disampaikan juga pokok-pokok hukum ketenagakerjaan yang mutlak mendapat perhatian dari sejak dimulai adanya hubungan kerja, kemudian selama berlangsungnya hubungan kerja, sampai pada saat/setelah berakhirnya hubungan kerja dengan rujukan utamanya adalah peraturan-peraturan ketenagakerjaan yang mengatur hak dan kewajiban para pihak dalam hubungan kerja (perusahaan maupun pekerja/buruh) serta hubungannya dengan SP/SB dan pemerintah dalam Peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan yang terkait.
Akhirnya, untuk memastikan agar kedua ranah pengetahuan dan praktek Industrial Relation tersebut dapat efektif diterapkan maka sikap mental yang tepat bagi seorang professional Industrial Relation khususnya bagi pemula juga diekplorasi secara bersama agar "know how" nya dapat diterapkan secara efektif.
Materi Pelatihan
 Para peserta akan memperoleh pengetahuan & skill tentang :
1. Strategic Industrial Relation: Peran dan Tanggung Jawab Praktisi Industrial Relation  
2. Manajemen Resiko Hubungan Industrial     a. Resiko tangible     b. Resiko intangible      c. Analisa resiko & alternatif     d. Pengambilan keputusan            i.Control system           ii. Komunikasi Hubungan Industrial           iii.Memprofile tipe perilaku semua pihak           iv. Menjalin komunikasi (Game Theory) dan problem solving           v. Sarana formal dan informal komunikasi
3.  Memahami 2 ranah Industrial Relation : Pengembangan Kerjasama, dan Perundingan Industial Relation
4.    Ranah Pengembangan Kerjasama dan Budaya Perusahaan      a. Dasar-dasar kerjasama pekerja dan manajemen dan tantangan pelaksanaannya      b. Sekilas tentang Budaya Perusahaan yang Unggul      c. Menetapkan tujuan, sifat, fungsi dan struktur bentuk kerjasama pekerja dan manajemen       d. Bagaimana memulai, mengelola dan memonitor kerjasama pekerja dan perusahaan
5.    UU 13 tahun 2003 sebagai Payung Hukum Ketenagakerjaan serta Peraturan perundang-undangan yang menyangkut Industrial          Relation
6.    PP / PKB sebagai sarana pedoman perilaku bersama dan sebagai faktor penentu keunggulan perusahaan
7.    Kelembagaan di bidang Hubungan Industrial : LKS Bipartit, Perundingan Bipartit, Tripartit, PPHI, SP dan tantangan terkait SP,        dll
8.    Tantangan-tantangan dibalik keberadaan Serikat Pekerja
9.    Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial
10. Lain-lain terkait dengan Outsourcing, Jamsostek, PKWT, PKWTT dll
11. Pihak-pihak lain terkait dengan IR      a. Pemerintah      b. Disnaker      c. Aparat hukum      d. Non pemerintah      e. CSR (masyarakat sekitar), LSM, Media, Preman dll
12. Sikap mental yang tepat seorang Industrial Relation professional untuk menjadi insiator dalam setiap tahapan Hubungan Industrial: ranah kerjasama, ranah perundingan dan penegak hukum internal perusahaan
13. Simulasi Hubungan Industrial 
14. Industrial Relation Clinic
METODE PELATIHAN :Interaktif dimana peserta dengan bimbingan fasilitator membahas hal-hal yang bersifat praktis dan studi kasus serta membahas permasalahan yang sering dihadapi para peserta.
Fasilitator :
Drs. Jack Alenzo, MM, MH
Adalah Senior Consultant dan fasilitator pengembangan organisasi dan HRM. Saat ini juga memimpin sebagai Project Manager sebuah project MPC pada perusahaan kontraktor oil & gas raksasa dari Perancis.
Pengalaman praktis selama lebih dari 20 diperolehnya di berbagai perusahaan MNC, terakhir duduk sebagai Senior HR Manager disebuah perusahaan kimia pertanian.
Saat ini banyak memberikan pelatihan publik dan in-house di bidang pengembangan organisasi dan manajemen HRD.
InvestasiFullfare Rp 3.500.000/ pesertaPembayaran sebelum tgl 15 Juni 2012 Rp 2.900.000 /peserta Transfer ke rekening BCA no 6300801704 a.n Tohap P Simanjuntak
RegistrasiService LeadershipSMS / HP 0812.9766.822.SMS / HP 0812.802.8352
www.serviceleadership.web.id
email: info@serviceleadership.web.idPin BB : 2262D278

 

 Agenda Publik Training Bulan Mei-July 2012
 

15-16 Mei 2012  EXCELLENT SUPERVISORY SKILLS - Running
21-22 Mei 2012 TRAINING FOR TRAINER ( Batch 21) -  Running
28-29 Mei 2012 EXPANDED DISC (Batch 14) - Running
23 Juni 2012 ALAT TEST REKRUTMEN : TIU 5, TIKI TINGGI, KRAEPLIN & PAPIKOSTIK - Running
25-26 Juni 2012  EXCELLENT SUPERVISORY SKILLS- Batch 2
26-27 Juni 2012  EXCELLENT SERVICE INTERACTION 
3-4 Juli 2012 MARKETING METRICS : MEASURING MARKETING PERFORMANCE
4-5 Juli 2012 SERTIFIKASI SISTEM PENGUPAHAN PLUS RANCANGAN STRUKTUR DAN SKALA UPAH -
9-10 Juli 2012 CERTIFIED PROFESSIONAL IN INDUSTRIAL RELATION -Running
10-11 Juli 2012 TRAIN THE TRAINER ( Batch 22) - Almost Running
12-13 Juli 2012 CERTIFIED JOB ANALYSIS AND JOB EVALUATION - Almost Running
25 Juli 2012 MBTI : UNDERSTANDING YOURSELF, UNDERSTANDING YOUR SUBORDINATE - Running
12-13 Juli 2012 COMPLAINT IS A GIFT ( Batch 4)
17-18  Juli 2012 PROBLEM SOLVING AND DECISION MAKING   
 PROGRAM INHOUSE TRAINING SERVICE LEADERSHIP BULAN JUNI-JULI 2012
 
6 Juni 2012 A Complaint is A Gift u/ sebuah Mall
11-12 Juni 2012 MBTI : Understanding Yourself, Understanding Your Subordinate u/ perusahaan contact center
13-14 Juni 2012 Train The Trainer u/ sebuah Bank
14-15 Juni 2012 Excelent Leadership untuk Supervisor Layanan sebuah Laboratorium Kesehatan
26-27 Juni 2012 Train The Trainer u/ sebuah perusahaan manufaktur kaca
27 Juni 2012 Excellent Supervisory Skills u/ sebuah Restoran
29-30 Juni 2012 Excellent Leadership untuk Supervisor Layanan sebuah Laboratorium Kesehatan
4 Juli 2012 MBTI : Understanding Yourself, Understanding Your Subordinate u/ laboratorium kesehatan
11 Juli 2012 MBTI : Understanding Yourself, Understanding Your Subordinate u/ perusahaan restoran
16 Juli 2012 MBTI : Understanding Yourself, Understanding Your Subordinate u/ perusahaan pabrik kaca
11-12 Juli 2012 Train The Trainer u/ sebuah Bank
 
 E-mail : info@serviceleadership.web.id 
Download Brosur : www.serviceleadership.web.id
Untuk melihat foto-foto training Service Leadership silahkan Bapak / Ibu klik link foto 

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
<*> http://www.facebook.com/groups/bisniscenter || http://twitter.com/BisnisCenter

+++
:-) Do...., Real, Respect, Warm, Interact, Related, Short-Informative
:-( Don't., OneLiner, scam, MLM pyramid spam scheme, illegal-SARA
*_^ Just Friday 4 Selling or promote your Service/Product
.

__,_._,___

No comments: