Monday, June 11, 2012

#FrenBC @ Artikel Mingguan: PROAKTIVITAS DALAM BISNIS

 

*PROAKTIVITAS DALAM BISNIS*
/© 2006. Nugroho Adhi W. All rights reserved./

Pernahkah anda mengalami hal seperti ini?

Anda datang ke sebuah restoran, memilih menu yang anda suka. Tetapi
ketika anda mulai memesan, ternyata jawaban dari pelayan restoran
tersebut adalah, "maaf pak, menu yang bapak pilih sedang kosong atau
sudah habis..."

Kecewa?

Mungkin kita bisa langsung melupakan kekecewaan tersebut dengan memilih
menu lainnya.

Tapi, apakah Anda pernah membayangkan kisah nyata yang terjadi beberapa
tahun silam, di sebuah restoran waralaba di kota Gilmer, Texas?

Pada saat restoran baru seminggu beroperasi, pemilik restoran secara
tidak sengaja mendengar dua orang pelanggannya yang membicarakan
kekecewaan mereka terhadap minuman yang disediakan. Salah seorang dari
mereka yang menderita diabetes mengharapkan minuman ringan versi diet
dijual di restoran tersebut.

Pemilik restoran tersebut segera pergi ke toko minuman terdekat, membeli
satu paket berisi enam minuman versi diet dan kembali ke restorannya.
Kemudian dia memberikan satu kaleng minuman dan segelas es batu.

"Nyonya," sapanya, "akan selalu tersedia dus berisi minuman ringan versi
diet bertuliskan nama Anda yang terletak di lemari pendingin kami. Sebut
saja nama Anda kepada pelayan kami bahwa Anda memesan minuman diet, dan
mereka akan mengambilkannya untuk Anda."

Pelanggan tersebut terkejut. "Anak muda," katanya, "saya tinggal di kota
ini seumur hidup saya. Saya banyak memiliki teman yang berpengaruh, dan
mereka akan mendengar apa yang telah Anda lakukan bagi saya. Terima
kasih. Mulai saat ini, kami akan menjadi pelanggan yang setia." Dan
wanita itu membuktikan perkataannya.

Bagaimana kalau Anda sendiri yang menerima perlakuan tersebut?

----------------------------------------------------------
baca artikel lainnya, download training slides & games di www.Bolderbest.com
----------------------------------------------------------

Saya jamin pasti, Anda akan sangat senang sekali. Apa yang dilakukan
oleh pemilik restoran waralaba adalah sebuah contoh proaktivitas. Dengan
stimuli berupa kekecewaan pelanggan karena dalam daftar menu makanan dan
minumannya tidak tersedia minuman diet, pemilik restoran tersebut tidak
cuek dengan menggunakan alasan bahwa yang diinginkan oleh pelanggan
tersebut tidak relevan, karena minuman ringan versi diet tidak ada dalam
menu.

Tetapi dia melakukan sebaliknya, walaupun minuman yang diinginkan tidak
ada dalam menu dia memilih untuk membeli minuman ringan versi diet dan
memberikannya untuk pelanggan tersebut.

Dengan memenuhi keinginan pelanggan, pemilik restoran tersebut mencoba
untuk memperluas lingkaran pengaruhnya dengan cara memberikan lebih dari
apa yang sudah disediakan. Dan hal tersebut ternyata berhasil. Pelanggan
tersebut sangat senang dengan layanan yang diberikan, dan berjanji untuk
menjadi pelanggan yang setia dan memberitahu teman-temannya.

Bayangkanlah, sebuah layanan yang berdasarkan proaktivitas dapat
menimbulkan sebuah efek bola salju, karena layanan tersebut kemudian
dikomunikasikan dari mulut-ke-mulut (word of mouth marketing).

Sekarang bandingkanlah dengan contoh pengalaman saya di restoran
'kosong' di awal tulisan ini. Mana yang Anda pilih?

N. Adhi W.
BOLDER: partner for excellence
adhi@bolderbest.com
081-110-9921
twitter @bolderpeople

helping people and companies achieve their vision
www.BolderBest.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
<*> http://www.facebook.com/groups/bisniscenter || http://twitter.com/BisnisCenter

+++
:-) Do...., Real, Respect, Warm, Interact, Related, Short-Informative
:-( Don't., OneLiner, scam, MLM pyramid spam scheme, illegal-SARA
*_^ Just Friday 4 Selling or promote your Service/Product
.

__,_._,___

No comments: