Saturday, February 11, 2012

Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] Mendaftar Monbukagakusho Program U to U bisa menggunakan IELTS?

 

Wa'alaikumussalam wr wb,

Salam kenal juga. Kebetulan sy mendapatkan beaasiswa monbusho jalur U to U, jadi ingin sedikit menjawab hal ini. Untuk jalur ini, persyaratan yg diminta universitas bisa berbeda antar yg satu dgn yg lain. Namun saat ini, secara umum TOEFL iBT dan IELTS bisa digunakan di mana pun. Memang ada yg mengatakan bahwa iBT lebih banyak dipakai di (US & Canada dkk), dan IELTS di (UK & Australia dkk). Tapi sepertinya sekarang sudah tidak berlaku lagi.

Bahkan untuk sebagian universitas di Jepang masih menerima TOEFL (ITP) dan TOEIC. Jadi langkah yg terbaik adalah membaca langsung persyaratan yg diminta universitas melalui website-nya. Jika ada yg meragukan, tanyakan langsung pada admission committee-nya.

Jalur U to U cukup berbeda dgn jalur G to G yakni mensyaratkan adanya kerja sama antar universitas di Indonesia dan universitas di Jepang. Kita harus mengecek universitas apa saja di Jepang yg mempunyai kerja sama dgn universitas kita di Indonesia. Biasanya langkah yg sering diambil adalah meminta rekomendasi dosen pembimbing atau dosen lain yg merupakan alumnus universitas tersebut. Proses ini akan lebih efektif dan efisien.

Terima kasih,

---
Nur Ahmadi


From: rysmah.zainal <rysmah.zainal@yahoo.co.id>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Saturday, February 11, 2012 5:46 PM
Subject: [beasiswa] [BUTUH INFO] Mendaftar Monbukagakusho Program U to U bisa menggunakan IELTS?

 

Assalamu'alaykum wr. wb.

Salam kenal. Saya adalah mahasiswa lulusan S1 yang sedang mencari beasiswa ke luar negeri. dan saya sangat tertarik mengenai info beasiswa kejepang khususnya beasiswa Monbukagakusho.

saya ingin bertanya kepada rekan-rekan sekalian (mungkin ada yang tahu), bila saya ingin mendaftar Monbukagakusho program U to U apakah saya boleh menggunakan TOEFL IELTS? ataukah TOEFL yang digunakan memang harus TOEFL iBT? karena yang pernah saya dengar, IELTS biasanya hanya digunakan di negara-negara Eropa, sedangkan untuk TOEFL iBT digunakan di negara-negara Asia.

Terima kasih.



__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___

No comments: