Sunday, February 19, 2012

Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] IELTS, Belajar Otodidak atau kursus?

On Sat, 18 Feb 2012 09:13:09 +0700, rysmah.zainal <rysmah.zainal@yahoo.co.id> wrote:

> Saya ingin bertanya kepada rekan-rekan sekalian. Kebetulan, beberapa
> bulan ke depan saya berencana untuk mengambil tes IELTS untuk kebutuhan
> administrasi beasiswa. Kira-kira menurut rekan sekalian, apakah sebelum
> saya mengikuti tes sebaiknya saya mengambil kursus atau cukup dengan
> belajar otodidak saja melalui buku-buku? Mungkin dari rekan-rekan ada
> yang pernah memiliki pengalaman seperti ini, mohon sharing-annya.
>
> Terimakasih
> Rysmah
>

saya kira pertanyaan seperti ini tergantung pribadi masing2. saya mempunyai beberapa teman dengan pengalaman keduanya. salah seorang teman saya belajar IELTS secara otodidak, berakhir dengan IELTS 7,5. Hal ini dibarengi dengan catatan, dia adalah seorang pekerja keras, disiplin terhadap pembelajaran dan punya determinasi. Dia pernah bercerita, dia menghabiskan hampir 1/4 aktivitas hariannya untuk belajar lewat buku2 secara otodidak. Ada juga seorang teman yang menghabiskan belajar IELTS dengan kursus di 3 tempat, berakhir dengan IELTS "hanya" 7. Dan seorang teman ini juga seorang lulusan sastra inggris. saya sendiri, menghabiskan waktu selama 1 tahun di USA secara gratis untuk belajar, setelah pulang dan mecoba iseng test IELTS hanya mendapatkan skor 6,5.  saya tidak tahu apakah hal ini ada hubungannya dengan "Luck" dan korelasinya dengan kerja keras. 

In short, semua itu tergantung pribadi masing2 dan juga waktu yg tersedia.

Regards

--
Using Opera's revolutionary email client: http://www.opera.com/mail/

No comments: