Wednesday, January 11, 2012

Re: [beasiswa] [butuh info] Sertifikat TOEFL IBT tidak sampai ke alamat

 

Pak Ahmad yth.,

Sy juga pernah mengalami pengalaman yg hampir serupa. 2 bulan setelah tes berlangsung di Jakarta (sy domisili di Makassar) sertifikat asli saya belum terkirim ke alamat rumah di Makassar. Padahal wktu itu sy sedang berusaha apply beasiswa BGF ke Perancis, dengan deadline yg semakin mepet. Akhirnya sy menghubungi pihak ETS melalui e-mail, dan mereka pun merespon bahwa sertifikat asli akan dikirim ulang dgn asumsi pengiriman pertama gagal atau hilang.

3 minggu setelah respon dari pihak ETS, sertifikat saya tiba. Seminggu setelahnya, ada lagi kiriman sertifikat dari ETS. Tampaknya jasa pengiriman (entah di luar atau di Indonesia) hanya terlambat mengirimkan sertifikat saya. Untung sih, sy jadi punya 2 sertifikat asli, hehe. Padahal dgn biaya sekian kita hanya berhak mendapatkan selembar sertifikat asli, tidak boleh difotokopi dan untuk meminta kopiannya harus membayar lebih dan dikirim langsung ke instansi yg kt inginkan. Tp dalam kasus saya ini adalah ketidaksengajaan dan krn dlm kondisi panik, sy sendiri tidak menyarankan teman2 yang lain melakukan hal yg serupa hanya untuk mendapatkan sertifikat asli lebih dari selembar dr pihak ETS.

Sayangnya, 1 minggu sebelum sertifikat2 asli tsb tiba di rumah saya, tenggat waktu BGF sdh berakhir sehingga sy mencoba untuk mengirimkan print out score online TOEFL iBT saya disertai penjelasan ke pihak BGF. Ternyata sy belum lulus untuk maju ke tahap wawancara, tp sy tidak tahu apakah ini disebabkan krn berkas TOEFL sy yg online tsb tidak memenuhi syarat atau krn kekurangan pd berkas sy yg lain. Sepengetahuan saya, sy sudah berusaha melengkapi semua persyaratan, satu2nya yg bermasalah adalah berkas TOEFL tsb. untuk pihak universitas mungkin tergantung kebijakan univ tsb, tapi tidak ada salahnya mencoba disertai penjelasan...tapi akan lebih meyakinkan kalau Pak Ahmad bisa meminta ETS mengirim secara langsung ke pihak univ? asalkan univ tsb ada dlm list penerima salinan asli (ada di website ETS).

Hal yang pasti adalah :
1. Pihak IIEF memang tidak memiliki hak/kewajiban ttg score maupun sertifikat TOEFL iBT, krn mrk hanya penyelenggara yg ditunjuk untuk penyediaan tempat test. Analoginya spt UAN, IIEF itu spt halnya pihak sekolah yg hanya menyediakan tempat ujian dan pengawas, tapi nilai UAN adalah murni hasil pemeriksaan pusat. Jadi kt mmg tidak bisa menyalahkan pihak IIEF, krn score TOEFL iBT kt sepenuhnya adalah tanggungjawab pihak ETS.
2. Dari pengalaman saya, pihak ETS sdh mencoba mengirim berkas dan tidak ada alasan untuk tidak mengirimkan sertifikat kita, jadi masalahnya mungkin terletak pd jasa pengiriman, entah alamat yang kurang detail atau berkasnya masih tercecer...

Saran saya, kalau mmg benar2 butuh Pak Ahmad sanggupi saja dulu membayar untuk pengiriman ulang, drpd melakukan test lagi. Kalau tidak benar2 urgent, sy harap dalam waktu dekat berkas tsb bisa terkirim ke alamat bpk dgn selamat.


Regards,
Lia Hafiyani

From: ahmad amiruddin <amma98@gmail.com>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, January 11, 2012 11:02 AM
Subject: [beasiswa] [butuh info] Sertifikat TOEFL IBT tidak sampai ke alamat

 
Dear Kawan2 Pemburu Beasiswa,
Saya ingin sharing sekaligus bertanya

Pada bulan Juni 2011 saya mengambil Tes TOEFL IBT yang dilaksanakan oleh IIEF di Menara Imperium
Hasil tes via online sudah keluar sekitar 2 minggu kemudian
akan tetapi copy sertifikatnya tidak kunjung datang hingga Oktober 2011
Pada saat itu saya telpon ke Tempat tesnya di IIEF jakarta
kata mereka soal pengiriman sertifikat menjadi tanggung jawab ETS
dan menyesalkan kenapa baru telpon setelah lama, saya bilang  "harusnya saya tak perlu menelpon 
dan barangnya telah sampai ke saya, ini bukan soal saya yang terlambat menelpon" hehehe

kemudian saya email (tgl 25/10)  ke ETS meminta dikirimkan kembali
oleh ETS telah dikirimkan kembali 

pada tanggal 20/11 sy kirim email kembali ke ETS untuk meminta pengecekan pengiriman karena belum sampai
oleh mereka disebutkan butuh 6 minggu dr ETS ke negera tujuan dan butuh 10 haru kerja di negara tujuan
akan tetapi ETS tidak bisa menyediakan tracking number pengiriman

Nah karena sudah menunggu lebih dari 6 bulan sejak tes, saya kirim email lagi ke ETS karena tidak sampai juga tuh barangnya,
mereka malah minta saya untuk membayar $17 untuk mendapatkan sertifikat copy
dengan sangat terpaksa saya bilang sama ETS kalau saya menyesal ETS menyerah mengurus sertifikat saya
karena alamat yang saya gunakan adalah alamat kantor dengan gedung yang cukup besar di Jalan Utama Jakarta (HR Rasuna Said)
ETS hanya menjawab telah berusaha mengirim menggunakan jasa first class, dan tak bisa mengecek sudah sampai dimana barangnya

Adakah teman yang punya pengalaman serupa?
Bisakah hasil online digunakan untuk apply ke universitas di LN

Salam





__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments: