Saturday, January 4, 2014

Fwd: [milis tarki] Jeleknya Pola pendidikan kita

 


waaahhhh saya baru pindah ke San Diego, Califonia, USA membawa anak2 saya grade 11, 9 dan 6.

Mereka kelabakan di subject History, tapi mereka score di bidang science dan math.

Saya tidak bilang pendidikan di Indonesia tidak bagus atau USA lebih bagus, di Indonesia anak2 lebih disiplin belajar (mungkin saya tidak fair karena anak2 saya waktu di indonesia sekolah di sekolah swasta favorit) tapi generally asian kids itu terkenal dengan disiplin belajar yang tinggi.

Semua ada positif dan negatif nya, tolong jangan langsung merendahkan pendidikan indonesia, terus terang salah satu alasan saya menunda2 kepindahan saya sampai 2 tahun adalah karena alasan pendidikan, saya takut di US pendidikan anak saya jadi mundur, yang ternyata benar. Untuk matematika mereka 3 tahun mundur dari Indonesia, itu sebab nya anak2 saya bisa dpt A, lah pelajaran kelas 3 di kerjakan anak kelas 6...
Di indonesia guru kadang over acting memberikan PR, padahal kalau diberikan dengan batas wajar, PR setiap hari itu baik utk disiplin anak belajar, di sini kalau guru kasih PR setiap hari diprotes orang tua murid, padahal PR nya cm 5 soal yang anak saya selesaikan dalam 10 menit, itu pun saya harus tanda tangan form persetujuan dan mengetahui kalau guru memberikan PR itu untuk kebaikan anak.... ya ammppuunnn ada form nya loh haha

Anak saya malah kadang ditanya gurunya bagaimana cara dia menyelesaikan soal, penjabaran jawabannya, yang anak saya kerjakan sesuai dengan pelajaran yang diterima di sekolah lama di Indonesia, dan ternyata penjabarannya dipakai pada saat sang guru menerangkan di kelas, bukankan kita seharusnya bangga dengan itu?

Jadi tidak semuanya jelek dari Indonesia.
Jumlah pelajaran terlalu banyak, itu faktor yang mendasar, pemerintah mungkin niatnya mau menyiapkan generasi yang serba tahu tapi tidak secara mendalam, ada bagusnya ada buruknya. 
Disini pelajarannya dibuat menyenangkan, fasilitas internet dan komputer di mana2, jadi anak2 tidak stres pergi sekolah.
Guru2nya lebih kreatif walaupun itu berarti lebih banyak pekerjaan untuk mereka, yang memberikan peluang untuk orang tua volunteer di sekolah, saya volunteer juga di sekolah anak saya, seru karena bisa melihat langsung kegiatan belajar mengajar di sekolah US.
Kebetulan saya pernah mengajar di salah satu sekolah national plus di jakarta, jadi menarik sekali membandingkan kelas di indonesia dan amerika.

Tapi ada perbedaan besar pada masalah percaya diri, disini anak2nya sebagian besar memiliki PD tinggi bahkan murid2 SD. Mereka sudah bisa memberikan pendapat, menelaah kasus dan menyampaikan ketidak setujuan nya dengan gaya yang khas anak2 tapi masuk akal, lucu banget liat nya
Mereka bebas menyampaikan pendapat, kalau di indonesia saya yakin mereka pasti di ssttttt sama ortu dan guru nya.
Waktu saya grading PR/ulangan mereka, saya sering melihat mereka menulis...I'm sorry I don't know the answer atau komen yang lucu2

Anak saya yg di grade 11, pada saat kami tour ke university dan dia ikut ujian masuk nya, penguji masih menjelaskan cara test nya, dia sudah menjawab soal sampai no 6 dan dia bilang pertanyaannya gampang2 kok dan instruction di komputer jelas, yang membuat pengujinya kagum karena dia more advanced dibandingkan murid yang lain.

Saya berterimakasih dengan kurikulum nasional di indonesia yang membuat saya menjadi orang tua yang bangga di US, saya juga berterimakasih dengan kurikulum US yang membangun rasa percaya diri anak2 saya dan membuat anak2 saya bersikap dewasa (komen anak saya yang di grade 6 : Mami disini anak2 laki2 nya lbh baik loh, kalo ada yg kesulitan, jatuh atau bawaannya banyak mereka bantuin bangun atau tolongin bawa barang2nya, coba kalo di jakarta yang ada temen2 malah ngetawain kalo temennya kepeleset jatuh.... nah ini ada benernya juga ya).

Kalau boleh saya rangkum smua nya, bersyukurlah anak2 kita masih bisa bersekolah dan menerima pendidikan dimanapun mereka berada, dan daripada banyak mencela sekolahan atau sistem pendidikannya, coba deh cari cara gimana supaya kita bisa membantu pendidikan anak2 kita apapun kurikulum yang dipakai.

cheers dari jauh :)
Eunike

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments: