Tuesday, September 3, 2013

[milis tarki] sekertarisku.com: Menyikapi Rekan Kerja dan Lingkungan Yang tidak Sopan!

 

Sehubungan dengan artikel kami tentang Tips Santun Bisnis Wanita Karir,
ternyata banyak sahabat sekretaris yang merespond dengan beberapa pertanyaan
melalui FB kami. Berikut pertanyaan-pertanyaan tersebut:

dari Valentina:
... klo lingkungan kerja sekitar kita tdk sopan dan tdk punya etika,
bagaimana menyikapinya?

dari Salomo:
Namun banyak anak2 muda yg baru bbrp Tahu terjun di dunia kerja, yg tdk
memiliki sopan santun. Sehingga seringkali membawa suasana yg tdk
mengenakkan. bagaimana Cara mengatasinya?

Jawaban dari kami:
Valentina, saya kurang tahu pasti sejauh apa lingkungan tidak sopan dan
tidak punya etika. Tapi sejauh Valentina masih bisa mentolerir semuanya,
Valentina harus bertahan dan tidak boleh terbawa suasana. Valentina bahkan
bisa membuat perbedaan dengan bertahan dan menyebarkan kebaikan etika di
tempat kerja. Kita bisa saja mengatakan bahwa hal-hal yang berlaku di
tempat kerja sekarang tidak sesuai dengan etika dan kesopanan yang
semestinya. Semoga kita bisa membuat perubahan dan pengertian pada
perusahaan bahwa etika memang diperlukan dalam lingkungan kerja.

Untuk mas Salomo, kita sebagai senior di perusahaan dibanding mereka yang
baru, tentunya lebih mempunyai pengaruh dibanding mereka yang baru. Kita
punya hak untuk menegur mereka dengan cara-cara yang baik tentunya. Setiap
orang memerlukan pendekatan yang berbeda-beda, namun yang paling penting
adalah yang bisa kena dari hati ke hati. Pola komunikasi tetap terbuka,
tegas namun tidak terkesan menggurui. Bagaimanapun kita harus memahami bila
semua orang yang masuk di kantor adalah berbagai macam orang dengan latar
belakang, pola asuh dan life style yang berbeda-beda. Itulah sebabnya kita
dituntut untuk terus belajar agar bisa bersaing jadi lebih baik, termasuk
menerima ilmu, kritikan dan teguran. Apalagi arahnya kepada perbaikan, bukan
bullying.
Secara tidak langsung disini kita belajar bagaimana membuat komunikasi jadi
efektif memperbaiki kondisi yang tidak baik menjadi baik, semua memang perlu
kerja keras. Bagaimanapun kesopanan itu perlu dijaga karena ketidak sopanan
akan menjurus ke arogansi yang malah lebih banyak merugikan.

Mudah-mudahan jawaban-jawaban dari kami bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan
sahabat sekretaris :), bila ada pertanyaan lagi, tidak usah ragu untuk
menanyakannya kepada kami!

Untuk artikel yang dimaksud bisa dilihat disini:
http://www.sekertarisku.com/tips-trick/item/3829-tips-santun-bisnis-wanita-k
arir.html

Mudah-mudahan bermanfaat,
Dike

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments: