Tuesday, November 13, 2012

[Indo-Job] Fwd: Studying in Japan

 


FYI,



Ahmad Syamil
Arkansas State University





-------- Original Message --------
Subject: Fwd: [Pendidikan Bona Pasogit] Selasa, 13 Nopember 2012
Date: Tue, 13 Nov 2012 14:34:00 +0700
From: Dharma Hutauruk <dharma.hutauruk@gmail.com>




Bapak dan Ibu Guru yang baik,

Salah seorang anak muda dari Lintong ni huta (sebuah desa di Tapanuli Utara) berhasil mendapatkan beasiswa dari pemerintah Jepang, walau untuk itu dia harus melepaskan status PNS nya karena tidak disetujui bos nya meninggalkan pekerjaan beberapa tahun. Lalu anak muda ini terus membina pendidikan anak-anak muda di Tapanuli utara melalui dunia maya bernama Pendidikan Bona Pasogit (Pendidikan Kampung Halaman), termasuk mengadakan lomba menulis cerpen, Try out UN, mencari donatur dan lain-lain.
Pengalaman belajar di negeri Gempa dia kirimkan hari ini dan saya share untuk kita semua.
Semoga bermanfaat terutama untuk mendorong siswa dan mahasiswa membaca buku.

Salam,


Dharma

Selasa, 13 Nopember                                                  2012 Begini cara                                                  kami...
Josep Franklin Sihite 12:45pm Nov 13
Selasa, 13 Nopember 2012
Begini cara kami belajar.

Kyoto University, salah satu universitas terkemuka di Jepang. Dari kampus ini sudah 9 orang yang meraih hadiah nobel diberbagai bidang ilmu.
Tiap Fakultas memiliki beberapa Departemen,
Fakultas kami adalah Graduate School of Engineering
Departemen kami adalah Dept. of Aeronautics and Astronautics
Jurusan Aerospace Engineering, kami berada di Lab. Control and Vibration Engineering.
Dalam satu lab biasanya terdiri dari satu profesor, satu assosiate profesor dan satu assisten peofesor. Kemudian ada post doctoral, mereka tidak lagi mahasiswa tetapi doktor yang melakukan riset. Ada juga sekretaris dan teknisi yang mengurusi keperluan lab. Anggota laboratorium sebagian besar adalah mahasiswa dengan tingkatan sebagai berikut :
Tahun ke empat mahasiswa S1 disebut dengan B4
Mahasiswa S2 tahun pertama disebut M1
Mahasiswa S2 tahun kedua disebut M2
Mahasiswa S3 tahun pertama disebut D1
Mahasiswa S3 tahun pertama disebut D2
Mahasiswa S3 tahun pertama disebut D3
Mahasiswa masuk menjadi anggota lab mulai B4, jadi 3 tahun mereka belajar banyak mata kuliah sebelum memenuhi syarat untuk menjadi anggota sebuah lab. Kredit yang harus dimiliki untuk menjadi sarjana sekitar 140 s/d 10 sks (kredit). Setelah Anggota lab, mereka akan mengikuti seminar di kelas. Seminar ini diikuti semua anggota lab termasuk profesor, post doctoral, mahasiswa doktor, mahasiswa master dan tentu saja mahasiswa s1. Tiap anggota lab secara bergantian membawakan materi pembahasan dari satu buah buku teks. Sehingga setiap anggota lab harus menguasai materi dan juga mampu mengajarkannya didepan kelas. Mereka harus bisa menjawab pertanyaan dari seluruh peserta kelas, jika tidak mereka harus mengulang sampai bisa mengajarkannya dengan baik. Oh ya, tiap orang yang mengajar akan diperhitungkan sebagai kerja sehingga mendapat bayaran sesuai dengan jam mengajar yang dimiliki dan juga sesuai dengan tingkatan pendidikannya. Untuk D3 mereka dibayar sekitar 1600 yen perjam (sekitar 180 ribu rupiah perjam), B4, dan M1,M2 dibayar sekitar 1400 yen perjam (sekitar 160 ribu perjam).
Mahasiswa B4 juga harus menulis thesis (di Indonesia disebut skripsi), dan juga akan mempertahankannya pada saat ujian akhir. Mahasiswa Master memiliki beban kredit sekitar 40-50 sks, dan harus menulis thesis, serta satu paper. Biasanya mereka sudah diikutkan untuk menghadiri konferensi ilmuwan internasional.
Mahasiswa S3, biasanya diwajibkan memiliki 10 kredit, tapi tergantung fakultasnya, ada beberapa fakultas tidak mewajibkannya. Mahasiswa S3 biasanya akan melakukan riset mandiri. Mereka dianggap sudah matang didalam melakukan riset. Semua study dan risetnya diatur sendiri. Kewajiban seorang mahasiswa S3 adalah menulis(mem-publish) minimal tiga buah paper di journal internasional untuk dapat meraih doktor. Selain itu mereka harus menulis Disertasi (sering juga disebut thesis) untuk dipertahankan pada sidang defense. Selian itu mereka juga diwajibkan mengikuti konferensi international di berbagai negara, sebagai wadah untuk saling tukar menukar informasi dan diskusi tentang ilmu terbaru dibidang masing masing antar sesama ilmuwan, sesama universitas diseluruh dunia.
Semua anggota lab menghabiskan waktunya belajar, bereksperimen di lab. Biasanya segala kebutuhan yang perlu untuk studi disediakan oleh lab. Baik itu buku, paper internasional, komputer, peralatan eksperimen, dana, dll. Kita tinggal mengajukan ke porfesor yang selanjutnya akan disediakan oleh sekretaris ataupun teknisi lab. Semua akan didapatkan dengan cepat, jika memang itu kita perlukan untuk riset, tidak ada proses yang ribet.
Saya sangat kagum dengan teman teman satu lab, yang begitu semangat untuk belajar. Mereka menghabiskan minimal 10 jam sehari di lab. Penguasaan materi sungguh mengagumkan terutama yang berkaitan dengan persolan matematis.
Biasanya semua anggota yang B4 akan secara otomatis melanjut ke M1, dan ditahun pertama di M1, mereka akan mencari pekerjaan. Setahun sebelum lulus dari M2 mereka sudah memiliki pekerjaan.
Saat ini saya duduk di D3, artinya tinggal 7 bulan lagi harus menyelesaikan thesis dan akan defense untuk dapat menyelesaikan studi.
Tiap keberhasilan yang dicapai anggota, merupakan kebahagiaan bersama sehingga dirayakan dengan makan dan minum bersama yang sering disebut Party. Kami juga party jika menyambut anggota baru dan juga farewell party bagi yang lulus. Satu lab serasa menjadi satu keluarga. Menjadi satu teman perjuangan untuk menghasilkan dan mencapai sesuatu. Sehingga tidak ada gap antara profesor dengan mahasiswa, dan antara mahasiswa. Meski berbeda level, tetapi rasanya tidak ada perbedaan. Selamat berjuang bagi rekan rekan yang sedang menulis paper, dan menulis thesis. Gambatte Kudasai

View Post on Facebook · Edit Email Settings · Reply to this email to add a comment.







__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
Bergabunglah dengan milis lainnya:


Manajemen-Industri-subscribe@yahoogroups.com  ==> Manajemen Industri

Free-English-Course-subscribe@yahoogroups.com ==> Kursus Bahasa Inggris

PONSEL-INDONESIA-subscribe@yahoogroups.com ==> Telpon selular

HRD-POWER-subscribe@yahoogroups.com ==> Milis HRD

Indo-Job-subscribe@yahoogroups.com ==> Lowongan kerja luar negeri dan
beasiswa

Bisnis-Karir-subscribe@yahoogroups.com ==> Pembinaan bisnis dan karir

Komputer dan Teknologi:

http://tech.groups.yahoo.com/group/KOMPUTER-TEKNOLOGI/

Manajemen produksi/operasi/supply chain/logistik:

http://finance.groups.yahoo.com/group/APICS-ID/
.

__,_._,___

No comments: