Monday, February 27, 2012

Re: [beasiswa] [butuh info] Perbandingan ADS dgn NZAID

 

Mas Wahyu dkk,

Saya kira jawaban rekan lain sangat bagus dan membantu.
Saya sendiri tidak tahu banyak soal NZAid tetapi cukup tahu soal ADS.
Pengetahuan saya soal ini sudah saya tuangkan di blog saya
http://madeandi.com/ads-2012, silakan dilayari :)

Kalau bicara kelebihan kekurangan, tentu Mas Wahyu memiliki parameter
yg ingin dibandingkan. Tanpa kesepakatan parameter ini tentu jadi
sulit. Ada kawan yang sekolah di NZ merasa sangat beruntung karena
setiap hari bisa melihat pemandangan yg epic seperti di The Lord of
the Ring :) Bagi sebagian orang, ini kadang jadi parameter penting.

Saya sarankan Mas Wahyu melihat website resmi kedua beasiswa itu
(silakan Google) dan bandingkan hal2 berikut:
1. Reputasi (dilihat dari rangking dan jumlah publikasi) universitas
di Australia dan NZ khusus untuk bidang Anda
2. Kepakaran calon pembimbing (dosen) di kedua negara di bidang Ada
(ditunjukkan dari jumlah publikasi, salah satunya).
3. Persyaratan akademik (IELTS/TOEFL dan IP) kedua beasiswa
4. Ada/tidak adanya persiapan sebelum berangkat (Pre-Departure Training)
5. Jumlah allowance setiap bulan/fortnight masing2 beasiswa
6. Biaya hidup di masing2 negara (bisa tanya mahasiswa Inda di Aus dan NZ)
7. Fasilitas selain regular allowance (misalnya dana riset, fieldwork,
tutorial, proof reading dll)
8. Dukungan untuk keluarga yang menemani
9. Adakah hal2 yang penting menurut Mas Wahyu tetapi tidak ditanggung
oleh beasiswa
10. Jika Anda riset, bagaimana sistem pengujian tesis/disertasi (oral
defence atau written submission saja)
11. Kemudahan mencari kerja paruh waktu

Semua hal di atas, untuk ADS sudah saya tulis di blog saya, silakan
dilayari. Untuk NZ, mohon maaf saya tidak bisa memberikan informasinya
karena memang tidak menguasai. Saya yakin ada yg bersedia berbagi.

Yang terbaik menurut saya adalah Mas Wahyu tetapkan parameter yg ingin
diketahui lalu sempatkan mencari sendiri dari sumber resmi (website)
karena pastilah informasinya lebih rinci dan terutama lebih terpercaya
daripada informasi di email saya :)

Demikian, semoga membantu, walau sedikit :)

Salam hangat
Andi (ADS 2004-06, ALA 08-12)

2012/2/25 <wahyu2003@gmail.com>:
> Dear all miliser..
>
> Saya berencana apply beasiswa ADS atau NZAID untuk tahun depan. Mohon informasi perbandingan kelebihan, manfaat, maupun kekurangan dari kedua jenis beasiswa tersebut. Atau mana yg lebih menguntungkan.
>
> Terima kasih atas informasi yang diberikan.
>
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
> http://id-scholarships.blogspot.com/
>
> ===============================
>
> INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
> http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/
>
> ===============================
>
> INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
> Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links
>
>
>

--
I Made Andi Arsana
Geodesy and Geomatics, Gadjah Mada University, Indonesia
=====================================================
An Australian Leadership Award Scholar (PhD Candidate)
Australian National Centre for Ocean Resources and Security (ANCORS)
University of Wollongong, AUSTRALIA
E: madeandi@ugm.ac.id
P: +61 2 4221 5831
F: +61 2 4221 5544
http://www.borderstudies.info
http://madeandi.staff.ugm.ac.id
YM, GTalk, Skype, IMUGM, Twitter, FB, YouTube : madeandi
=====================================================

__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___

No comments: